Sinopsis Film Sumala, Kisah Nyata Horor Tahun 1948 di Semarang

Supriyanto | 22 September 2024 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rumah produksi Hitmaker Studio merilis film horor Sumala yang dipastikan tayang di bioskop mulai 26 September 2024. Film yang diadaptasi dari kisah nyata di daerah Semarang, Jawa Tengah pada 1948 itu dibintangi Luna Maya dan Darius Sinathrya.

Berdurasi 1 jam 53 menit, film Sumala disutradarai oleh Rizal Mantovani, sementara skenarionya ditulis oleh Riheam Junianti.

Kota Semarang tahun 1984,  kala itu Sumala menjadi nama yang mengerikan, jangankan memikirkan sosoknya, menyebut namanya saja orang-orang desa tidak mau, apalagi memanggilnya.

Sumala adalah seorang gadis kecil dengan kelainan fisik dan memiliki kepribadian yang sangat berbeda pada malam hari. Sumala memiliki saudara kembar bernama Kumala.

Dalam hidupnya Sumala tidak mengalami kebahagiaan, dia sering di jadikan kambing hitam jika ada orang di desanya.

Sinopsis Film Sumala

Cerita dalam film Sumala berawal dari sosok Sulastri (Luna Maya) yang melakukan perjanjian dengan iblis. Tindakan itu dilakukan Sulastri demi bisa memiliki anak. 

Sulastri melakukan perjanjian terlarang dengan iblis tanpa sepengetahuan Soedjiman (Darius Sinathrya), suaminya

Beberapa bulan kemudian, Sulastri melahirkan anak perempuan kembar diberi nama Kumala (Makayla Rose) dan Sumala (Makayla Rose). 

Namun, salah satu anak Sulastri, Sumala kemudian meninggal. 

Sementara itu, Kumala tumbuh menjadi anak yang baik hati tapi cacat fisik dan mental. Kumala kerap mendapat perlakuan buruk dari orang-orang sekitarnya. 

Suatu hari, Sumala datang dari dunia kematian dan membuat perhitungan kepada orang-orang yang telah menyakiti kembarannya, Kumala. 

Daftar Pemain Film Sumala

Luna Maya sebagai Sulastri
Darius Sinathrya sebagai Soedjiman
Makayla Rose Hilli  sebagai Sumala/Kumala
Ivonne Dahler sebagai Mbok Sum
Denino Basrial sebagai Sukir

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait