Pradikta Wicaksono Ungkap Fakta Menarik dalam Film Aku Jati, Aku Asperger

Ari Kurniawan | 18 Oktober 2024 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pradikta Wicaksono atau Dikta turut membintangi film "Aku Jati, Aku Asperger". Menurut Dikta, ada fakta menarik di balik film produksi Falcon Pictures ini. 

Di film ini Dikta berperan sebagai Daru, kakak dari Jati yang diperankan oleh Jefri Nichol, seorang penyandang sindrom Asperger. Buat Dikta, perannya kali ini tidak terlalu sulit. Sebab sejak kecil ia telah berhubungan dengan orang-orang istimewa, termasuk kakaknya, Jasmoro Wahyu Diati atau Arty, yang merupakan seorang tunarungu. 

Pengalaman tersebut memberinyakesempatan untuk mengenal banyak orang dengan kebutuhan khusus, termasuk mereka yang mengalami sindrom Asperger. 

"Saya dari kecil kebetulan berhubungan dengan teman-teman yang punya kelebihan Asperger, autis, tuli, SLBA, SLBB, SLBC, karena kakak saya tuli," ungkap Dikta, di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (17/10).

Sejak kecil, Dikta terbiasa menemani kakaknya ke sekolah, sehingga ia belajar memahami perilaku orang-orang berkebutuhan khusus, termasuk mereka yang mengalami sindrom Asperger. "Dari kecil antar kakak ke sekolah dia, saya kebetulan punya privilege untuk tahu bagaimana behaviour mereka," ujarnya.

Melalui film karya sutradara Fajar Bustomi ini, Dikta merasa terpanggil untuk menunjukkan kemampuannya dalam menangani orang-orang berkebutuhan khusus. Pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya memudahkan proses pendalaman karakter Daru.

Alih-alih memberikan stigma negatif terhadap pengidap sindrom Asperger, Dikta justru melihat kelebihan mereka yang sering kali tidak dimiliki orang lain, seperti kemampuan mengingat yang tajam dan cara hidup yang teratur. 

"Di perjalanan hidup saya, beberapa kali ketemu teman-teman dengan kelebihan Asperger ini. Kenapa saya sebut kelebihan? Saya kagum dengan mereka. Mereka ada sesuatu yang kita nggak punya sebenarnya," kata Dikta. 

Film "Aku Jati, Aku Asperger" akan tayang di bioskop pada 31 Oktober 2024. Selain Dikta dan Jefri Nichol, film ini juga menghadirkan Hanggini, Carissa Perusset, Livy Renata, Nopek Novian, Naomi Zaskia, dan Gabriel Prince.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait