Kejar Mimpi di Industri Musik, Ria Tetap Priorotaskan Pendidikan

Ari Kurniawan | 23 Oktober 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Industri musik Indonesia tak pernah kehabisan talenta. Kali ini ada nama Ria, gadis 20 tahun asal Cikarang, yang terus menunjukkan tajinya di dunia tarik suara.

Menariknya, di luar aktivitasnya sebagai penyanyi, Ria tetap konsisten mengejar cita-citanya di dunia pendidikan di universitas.

“Pendidikan sangat penting bagi saya. Ini adalah fondasi masa depan kita. Sebagai wanita muda Indonesia, saya percaya kita harus terdidik, memiliki spesialisasi, dan berkontribusi pada masyarakat," ujarnya.

Sejak masih masih kecil, bakat menyanyi yang dimiliki oleh Ria sudah menonjol. Ia pun mendapat dukungan penuh dari keluarga untuk mengasah kemampuannya dengan mengikuti les vokal.

"Tahun lalu saya menemukan RM Entertainment. Saya kagum dengan karya mereka. Jadi, saya memberanikan diri mengirim DM ke Instagram mereka,” ujarnya.

Keputusan itu mengubah hidup Ria. “Mereka mengundang saya untuk tes vokal, dan saya bertemu dengan Pak Riccardo Mazzoni, bos dari label tersebut. Setelah beberapa kali berdiskusi tentang musik, dia bilang, ‘Saya punya lagu untuk kamu.’ Keesokan harinya, saya sudah berada di studio untuk merekam ‘Bukan Dia’.”

Single tersebut cepat mendapatkan popularitas, mencapai 880.000 views dalam dua minggu dan memuncaki chart pop Star Radio. “Semua terasa seperti mimpi,” ujar Ria. “Saya tidak menyangka respons secepat itu.”

Setelah sukses dengan single pertamanya, Ria merekam lagu keduanya, “Katakan Saja Maaf”, yang juga mengikuti jejak kesuksesan debutnya. “Pak Mazzoni mengirimkan lagunya, dan seperti biasa di RM Entertainment, saya hanya punya tiga hari untuk merekamnya,” katanya sambil tertawa. 

"Waktu adalah uang! Tapi semuanya terbayar. Kami syuting video klipnya di Bali, yang merupakan pengalaman yang indah. Video ini sudah memiliki sekitar 300.000 views dan sekali lagi memuncaki chart pop Star Radio.”

Single terbaru Ria, “Perahu Kertas Emas”, menampilkan perkembangan dirinya sebagai seorang artis. “Lagu ini lebih menantang untuk dinyanyikan. Lagunya terdengar mudah, tapi tidak mudah untuk dibawakan,” ujarnya sambil tersenyum. “Tapi berkat pelatihan vokal dua kali seminggu, saya terus berusaha meningkatkan kemampuan saya.”

Mazzoni, yang menulis lagu tersebut, menjelaskan, “Semua lagu Ria adalah bagian dari trilogi yang terinspirasi oleh kejadian nyata. Itu sebabnya lagu-lagunya terasa autentik dan dapat diterima oleh banyak orang.”

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait