Indonesian Music Awards 2024 Siap Digelar, Ada 2 Kategori Baru

Ari Kurniawan | 26 Oktober 2024 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nuon Digital Indonesia melalui Langit Musik bersama RCTI kembali menggelar ajang penghargaan musik bergengsi, Indonesian Music Awards (IMA) 2024. Tahun ini, ada 16 nominasi akan diperebutkan oleh musisi berbakat Indonesia. Acara puncak IMA 2024 akan disiarkan langsung pada 25 November 2024 di Studio RCTI+, Jakarta Barat.

CEO Nuon, Aris Sudewo, mengatakan ehadiran kembali IMA di tahun ini merupakan komitmen Langit Musik dalam mendukung serta memajukan industri musik Indonesia. 

"Kami sangat antusias dapat kembali memberikan apresiasi kepada para musisi atas dedikasinya dalam menciptakan karya musik selama setahun terakhir. Penyelenggaraan IMA 2024 diharapkan dapat mendorong musisi lokal untuk terus menghasilkan karya-karya berkualitas, sekaligus memperkaya ragam dan warna dalam blantika musik Indonesia,” ungkap Aris.

Indonesian Music Awards sebelumnya telah diselenggarakan tiga tahun berturut-turut. Ajang ini pun menjadi salah satu program andalan RCTI di ajang penghargaan. 

"Dalam gelaran Indonesian Music Awards tahun ini, kami berkomitmen memberikan apresiasi yang tinggi kepada para musisi berbakat Tanah Air, yang tidak hanya sekedar menghibur masyarakat luas, tetapi juga dapat memperkaya keragaman industri musik Indonesia. Maka dari itu, melalui Indonesian Music Awards kami berharap semakin banyak pelaku industri kreatif Indonesia khususnya dalam dunia musik, dapat menciptakan karya terbaik yang mampu bersaing di kancah internasional,” ujar Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI.

Berbeda dari tahun sebelumnya, IMA 2024 menambahkan dua kategori baru, yaitu Dangdut/Pop Local of the Year dan Nada Sambung Pribadi Group/Duo of the Year, menjadikan total nominasi sebanyak 16 kategori. Proses pemilihan nominasi didasarkan pada data streaming Langit Musik, Langitku, dan aktivasi Nada Sambung Pribadi selama 2023-2024, dengan penjurian ketat dari juri radio, media digital, dan televisi untuk memastikan kategori relevan dengan tren musik terkini.

Selain itu, IMA 2024 juga akan kembali memberikan penghargaan kategori Lifetime Achievement kepada musisi Indonesia yang telah berkarya lebih dari 20 tahun. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi mereka dalam memeriahkan blantika musik Indonesia serta menjadi inspirasi bagi generasi musisi saat ini.

“Kami percaya bahwa IMA 2024 bukan hanya menjadi ajang untuk merayakan karya terbaik musisi Tanah Air, tetapi juga menjadi pemantik semangat bagi mereka untuk terus berkarya,” pungkas Aris.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait