"Indonesian Keren", Drama Musikal Roro Jonggrang Semarakkan HUT Ke-22 ANTV

Ari Kurniawan | 23 Maret 2015 | 16:44 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - BERLATAR keindahan Candi Prambanan, ANTV menggelar siaran langsung drama musik kolosal "Indonesia Keren" dalam perayaan hari jadinya yang ke-22, Minggu (22/3) malam.

Paduan aksi artis papan atas Indonesia dan bintang Bolly Starvaganza ANTV yang didukung lebih dari 200 penari Solo dan Yogyakarta menghidupkan kembali legenda tanah Jawa, Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang, di candi yang juga dikenal dengan sebutan Candi Roro Jonggrang.

Diceritakan, Shaheer Sheikh (Bandung Bondowoso) memperjuangkan cintanya untuk Cita Citata (Roro Jonggrang) dengan cara membangun seribu candi dipandu kuartet Host ANTV Indra Bekti, Uya Kuya, Luna Maya dan Jessica Iskandar.

Menurut Erick Thohir, Presiden Direktur ANTV, "Indonesia Keren" merupakan sajian termegah HUT ANTV yang menjadi kado istimewa untuk Indonesia dan pemirsa setia ANTV.

"Pagelaran kolosal dengan sentuhan klasik di situs yang diakui UNESCO sebagai warisan dunia ini mengingatkan kembali kepada kita betapa kerennya Indonesia. ANTV dengan penyegaran tagline ANTV Keren-nya menghadiahkan pentas istimewa ini untuk masyarakat sebagai bentuk apresiasi ANTV terhadap pemirsa yang telah begitu dekat dengan ANTV dan membuat ANTV mampu hadir di persaingan papan atas industri penyiaran nasional," kata Erick.

Parade artis membuka pagelaran spektakuler ANTV dengan memasuki panggung utama sebesar 60 x 40 meter dengan kereta kencana. Dari pembuka inilah kemudian sinden langgam Jawa terkenal, Endah Laras membangun narasi cerita bersama lagu "Sang Dewi".

Legenda pun dibuka dengan kehadiran pemeran Yudhisthira, Rohit Bhardwaj, yang kali ini berperan sebagai Raja Pengging dengan menyapa rakyatnya. Disusul penampulan sejumlah diva dangdut Indonesia, seperti Cita Citata, Ayu Ting Ting, dan Dewi Perssik, yang berkolaborasi dengan legenda dangdut Elvie Sukaesih dalam medley lagu dangdut "Perahu Layar", "Goyang Dumang", "Geboy Mujaer" dan "Gula – Gula".

Cerita drama "Indonesia Keren" kemudian mengalir dengan perebutan tahta kerajaan oleh Raja Boko (Saurav Gurjar) dan Patih Gupala (Lavanya Bhardwaj) yang berhadapan dengan Raja Pengging dan Bandung Bondowoso.

Perebutan kekuasaan tersebut berakhir dengan tewasnya Raja Boko dan keberhasilan Bandung Bondowoso mendapatkan tahta kerajaan Boko. Di sanalah kemudian Bandung Bondowoso melihat kecantikan Roro Jonggrang, putri dari Raja Boko yang berduka mendengar kematian ayahnya. Bandung Bondowoso pun mencoba menyatakan cintanya dengan lagu "Chamak Challo" kepada Roro Jonggrang.

Dendam yang menyelimuti Roro Jonggrang membuatnya berpikir untuk menerima cinta Bandung Bondowoso. Didampangi Dayang Merah (Dewi Perssik) dan Dayang Putih (Ayu Ting Ting), Roro Jonggrang memberikan syarat kepada Bandung Bondowoso untuk membuat 22 sumur jika ingin cintanya diterima.

Bandung Bondowoso menyanggupi syarat tersebut. Tapi di saat yang sama Roro Jonggrang dihantui perasaan khawatir Bandung Bondowoso bakal berhasil memenuhi tantangan yang diberikan. Roro Jonggrang lalu menjatuhkan Bandung Bondowoso  ke dalam sumur tersebut, namun Bandung Bondowoso berhasil lolos.

Bandung Bondowoso terus berjuang untuk mendapatkan cinta Roro Jonggrang. Kisah pun berlanjut dimana Roro Jonggrang meminta 100 candi sebagai syarat selanjutnya. Dengan kemampuannya Bandung Bondowoso nyaris berhasil memenuhi permintaan Roro Jonggrang tersebut.

Namun tipu daya Roro Jonggrang yang membuat  ayam berkokok sebelum waktunya membuat Bandung Bondowoso hanya mampu membangun 99 candi hingga waktu yang ditentukan. 

Mengetahui dirinya terkena siasat licik Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso pun murka dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi ke 100.

"ANTV mencoba memberikan sajian yang berbeda di hari ulangtahunnya yang ke 22 untuk pemirsanya. Dengan menampilkan deretan artis papan atas, ANTV juga  mengoptimalisasi pengambilan gambar pementasan dan  keindahan candi Prambanan dengan dukungan tata cahaya, tata suara, dan visual efek yang indah agar dunia lebih mengenal Indonesia dan luar biasanya warisan leluhur kita. Semoga sajian Indonesia Keren dapat menghibur dan memberikan inspirasi pemirsa telvisi dan masyarakat Indonesia bahwa Indonesia memang Keren," bilang Otis Hahijary, Direktur Operasional ANTV.

Selain penampilan Shaheer Sheikh dan Roro Jonggrang sebagai pemeran utama cerita, sejumlah bintang Bolly Starvaganza ANTV juga mengambil peran dalam cerita legenda ini. Rohit, pemeran Yudhistira dalam Mahabharata tampil berperan sebagai Raja Pengging didampingi Patih Tejo (Vin Rana) dan Patih Gupala yang diperankan Lavanya.

Sementara itu, Saurav Gurjar pemeran Mahabharata ANTV kali ini berperan sebagai Raja Boko yang kemudian dikalahkan Bandung Bondowoso. Selain mengampil peran dalam cerita, sejumlah bintang Bolly Starvaganza ANTV juga tampil "menggoyang" Indonesia Keren, seperti  Vin Rana yang tampil dengan lagu "Goyang Dumang" dan "Dhoom Machale". 

Bahkan pemeran Serial "Navya" ANTV, Somya Seth, yang sempat berduet dengan Shaheer Sheikh membawakan lagu "Iski Uski" juga tampil berkolaborasi dengan  Gautam Sharma pemeran Shakuntala ANTV membawakan lagu  "London Thumakda".

Selain bintang Bolly Starvaganza, ANTV juga menghadirkan sejumlah penyanyi dan grup musik papan atas, dan deretan penyanyi seperti Rossa, Cakra Khan, Pia, Kikan, Judika, dan Rija Abbas. Sementara itu ANTV juga mengusung bintang-bintang irama dangdut Indonesia mulai dari Elvie Sukaisih, Ayu Ting Ting, Cita Citata, dan Dewi Persik hingga diva dangdut Kristina, Siti Badriah, Dhawiyah, Putri Bahar, dan Duo Anggrek. Geisha menjadi salah satu grup musik  yang menjadi bagian dari cerita kolosal  "Indonesia Keren" bersama Sheila on 7.

Sheila on 7 tampil apik dengan menghadirkan "Lapang Dada" sekaligus menjadi penutup pagelaran HUT ANTV ke 22 di "Indonesia Keren" malam itu

(ari/gur)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait