[RESENSI FILM] Smallfoot: Ceritanya Menghangatkan, Lagunya Menyejukkan

Wayan Diananto | 13 Oktober 2018 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di puncak Himalaya, ada sebuah desa yang dihuni sekumpulan binatang layaknya kingkong, namun berbulu seputih salju. Mereka disebut yeti.

Desa itu konon melayang di atas awan. Perkampungan yeti dipimpin Penjaga Batu (Common). Suatu hari, yeti bernama Migo (Channing) melihat pesawat jatuh.

Pilot pesawat nahas itu syok melihat Migo. Sementara Migo yang baru kali pertama melihat manusia menyebutnya si kaki kecil.

Migo melaporkan penampakan kaki kecil kepada penduduk desa tapi tak ada yang percaya. Sebagai hukuman, Migo diasingkan.

Dalam pengasingan, Migo diajak teman-temannya: Meechee (Zendaya), Kolka (Gina), Gwangi (LeBron), dan Fleem (Ely) yang tergabung dalam Kelompok Pembuktian Kaki Kecil menyelidiki siapa kaki kecil sebenarnya.

Smallfoot kejutan kecil yang menghangatkan nurani. Ia membawa pesan tentang integritas, perdamaian, dan sindiran buat pelaku industri layar kaca yang menghamba pada rating.

Pesan itu tergambar jelas lewat dialog karakter pembawa acara Percy (James Corden) dan asistennya, Brenda (Yara Shahidi) saat gagal menemukan fenomena menarik di Himalaya.

Terpikir oleh Percy untuk merekayasa adegan seolah ia diserang binatang di lereng gunung. Brenda menolak karena merekayasa program mencederai integritas. Tidak hanya naskah yang apik. Bagi kami, film ini merupakan contoh ideal bagaimana cerita dan soundtrack bersinergi.

Lagu “Let It Lie” yang dinyanyikan Common mampu merangkum sejarah manusia vs yeti dengan cara fun. Sementara lirik tembang “Wonderful Life” yang sejuk mengingatkan kita esensi pengetahuan adalah pertanyaan dan rasa penasaran.

Smallfoot menampilkan unsur komedi dan drama yang tidak saling menggerogoti. Sangat cocok dijadikan suguhan akhir pekan untuk si kecil dan sungguh, film ini layak disebut salah satu animasi terbaik tahun ini. 

Pengisi Suara : Channing Tatum, Zendaya, Common, LeBron James, Ely Henry, Gina Rodriguez

Produser : Glenn Ficarra, Bonne Radford, John Requa 

Sutradara : Karey Kirkpatrick, Jason Reisig

Penulis : Karey Kirkpatrick, Clare Sera

Produksi : Warner Animation Group

Durasi : 1 jam, 36 menit

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait