[RESENSI FILM] 13 Hours, Sensasi Perang Yang Mematikan

Wayan Diananto | 16 April 2016 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Empat tahun yang lalu, kota Tripoli dan Benghazi di Libya bagaikan neraka dunia. Lengsernya Perdana Menteri Muammar Gaddafi setelah berkuasa hampir 42 tahun tidak serta merta membawa angin segar di pesisir Afrika Utara.

Amerika berinisatif meredam kekacauan dengan menempatkan CIA di sebuah vila mewah yang dialihfungsikan. Semula, misi berjalan lancar. Sampai akhirnya, dari bawah tanah muncul gerakan separatis mematikan.

Enam pasukan khusus yang terdiri Tyrone (James), Jack Da Silva (John), Mark Geist (Max), John Tiegen (Dominic), Kris “Tanto” Paronto (Pablo), dan Boon (David) dikirim ke Libya.

Petaka sesungguhnya terjadi 11 September 2012. Saat pemberontak berupaya menghabisi duta besar Amerika, Christopher Stevens (Matt Letscher). Selama 13 jam, enam tentara rahasia Amerika mati-matian menyelamatkan nyawa dan menyelamatkan muka negara adidaya.

Kita mengenal Michael Bay lewat film-film box office seperti Bad Boys, The Rock, Pearl Harbor, dan yang paling monumental Transformers. Namun, 13 Hours dianggap sebagai “kuda hitam” bagi sutradara kelahiran Los Angeles.

Keputusan berani diambil Michael dengan menampilkan penjemputan Jack ke Libya. Lalu, dengan cepat mengarahkan keenam pahlawan ini ke misi utama. Michael menitiberatkan pada susahnya medan dan ruwetnya koordinasi dengan kepala CIA.

Kisah nyata macam ini memungkinkan sutradara dan penulis naskah menuturkan kisah dari berbagai angle. Namun, dia dengan tegas memilih angle baku hantam. 13 Hours menjadi sebuah pilihan berani, tegas, mengesankan dengan interaksi antarkarakter yang kokoh.

Adegan aksinya meyakinkan kita ini perang yang sesungguhnya. Sensasi mematikan yang diantarkan Michael lewat film ini salah satunya berkat kinerja Departemen Sound. Suara ledakan, luncuran proyektil, melesatnya timah panas, dan “kembang api” yang menari di udara terasa berputar mengelilingi kita. Anda bisa merasakan kegilaan ini jika bioskop di dekat rumah Anda memiliki fitur Dolby Atmos. 

Pemain    : James Badge, John Krasinski, Max Martini, Dominic Fumusa, Pablo Schreiber, David Denman
Produser    : Michael Bay, Erwin Stoff
Sutradara    : Michael Bay
Penulis        : Chuck Hogan, Mitchell Zuckoff
Produksi    : Paramount Pictures, Dune Films
Durasi        : 2 jam 24 menit

(wyn/gur)

Foto: Dok. Paramount Pictures

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait