Kiat Mengatasi Jamur di Tembok saat Musim Hujan

Ari Kurniawan | 1 Juli 2023 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat musim hujan tiba, perawatan tembok rumah harus lebih diperhatikan. Sebab tembok lembab sering memunculkan jamur. Hal ini tentu cukup mengganggu.

Tak hanya membuat tampilannya tidak bagus, tetapi juga berpengaruh buruk bagi kesehatan penghuni rumah. Jadi, pastikan anda menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi tembok jamuran, misalnya yaitu dengan cara-cara seperti berikut ini.

1. Melakukan Waterproofing

Untuk cara menghilangkan tembok jamuran, waterproofing adalah suatu cara yang bisa sangat membantu. Karena kelembaban saat musim hujan bisa jadi disebabkan adanya pori-pori di dinding yang membuat hujan dari luar bisa merembes masuk. Apabila tak ada retakan atau celah di dinding, anda hanya perlu berikan waterproofing memakai cat dinding yang waterproof. Barulah setelah itu melakukan pengecatan ulang dengan cat tembok yang tahan cuaca agar lebih maksimal.

2. Memakai Fungisida

Apabila tembok sering jamuran di musim hujan, anda dapat mengaplikasikan fungisida atau cairan anti jamur. Memang sulit jika dinding sudah berjamur sehingga butuh cairan untuk membasminya. Cairan tersebut terkadang mempunyai formula yang cukup keras sehingga ketika digunakan, hindarilah kontak langsung dengan kulit. Jika jamur pada dinding sudah terlalu banyak dan sudah sangat mengganggu, langkah yang cepat untuk menghilangkannya yaitu dengan semprotkan fungisida. Sekarang ini anda
sudah bisa mudah menemukan cairan ini.

3. Menggunakan Dehumidifier

Kehadiran jamur di tembok tak hanya dikarenakan musim hujan terus-menerus, bisa juga karena adanya tanaman indoor ataupun kegiatan lain yang berkaitan dengan air di dalam rumah. Masalah seperti ini langkah tepat untuk membasminya adalah menggunakan dehumidifier. Namun anda jangan sampai salah pilih, ya, pilihlah dehumidifier yang berteknologi tinggi, misalnya produk dehumidifier Grandia Pro dari Notale.

Selain desainnya menarik dan nyaman, Grandia Pro Notale juga merupakan Smart Dehumidifier atau sudah mengusung fitur-fitur canggih yang bahkan dapat anda koneksikan menuju smartphone dengan mudah.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait