Perjuangan YouTuber Turah Parthayana Bangun Belinsky Studio dari Nol

Indra Kurniawan | 17 Juli 2023 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Turah Parthayana bukan sembarang YouTuber. Berawal dari 2014, Turah kini telah memiliki studio sendiri yang dia bangun dari nol.

Turah Parthayana dikenal YouTuber dengan konten tentang kehidupannya di Rusia. Dengan 559 video yang telah diunggah, dia berhasil memiliki 1,7 juta subscriber dan meraup penghasilan jutaan rupiah. 

Hasil kerja keras Turah salah satunya kini diwujudukan lewat Belinsky Studio. Sudah sejak lama, YouTuber asal Bali ini ingin memiliki rumah produksi sendiri.

"Itu udah jadi keinginan aku sejak kuliah. Berawal dari suka bikin film pendek. Cuma untuk bikin rumah produksi lumayan sulit karena ada kewajiban sebagai content creator," kata Turah kepada wartawan pada Minggu (16/7).

Tahun 2022, obsesi bikin Belinsky diwujudkan. Hanya saja, antara Belinsky Studio dan Belinsky PH belum terpisah. 

"Awal terbentuk Belinsky, aku masih mandiri approaching klien dan bikin project barter sama klien. Investor tertarik untuk kerja sama bareng Belinsky bikin PT baru. Cuma sebagai content creator di bawah Mantappu, aku punya kewajiban untuk kasih tahu Bang Ian," cerita Turah. 

"Setelah diskusi, Bang Ian memutuskan untuk mengganti investor tersebut dan menanamkan investasi di Belinsky. Bang Ian akhirnya bikin sistem. Jadi sekarang aku resmi entrepreneur dan juga content creator," jelasnya lebih lanjut. 

Korean Mood Studio, salah satu studio favorit di Belinsky Studio (instagram)

Belinsky Studio punya konsep sendiri. Salah satu studionya berkonsep Korean Mood Studio, terinspirasi dari film Netflix Our Beloved Summer. Siapa sangka, Studio itu disukai banyak orang hingga banyak digunakan. 

"Kesulitan yang aku hadapi bagi waktu. Sebagai content creator pasti punya idealis untuk konten yang diproduksi. Tapi sebagai entrepreneur juga enggak boleh lupa dengan tujuan harus cari cuan," paparnya. 

Diakui Turah, Belinsky Studio telah banyak melakukan proyek dengan brand-brand besar seperti DANA, Stock Bit, Aleza Label, Mark and Spencer, Uniqlo, Bibit, dan lainnya. Sementara rumah produksi Belinsky telah mengerjakan proyek Spotify, Peluang, Menantea, dan Traveloka. 

"Harapan ke depannya Belinsky harus punya film sendiri, sebagai salah satu bentuk perwujudan mimpi aku untuk bisa produksi film sendiri. Selain itu Belinsky harus punya cabang-cabang studio lain. Untuk yang pengin pakai Belinsky Studio bisa DM ke Instagram @belinsky.studio dan TikTok @Belinsky.id," kata Turah Parthayana.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait