Terinspirasi Masa Keemasan Kerajaan Majapahit, Ivan Gunawan Perkenalkan Koleksinya di Front Row Paris 

Indra Kurniawan | 6 September 2023 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ivan Gunawan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Desainer yang pernah memacari penyanyi Rossa ini sukses menampilkan koleksi terbarunya di Front Row Paris (FRP) 2023, di The Westin Vendome. 

FRP adalah program berkelanjutan untuk memperkuat pemasaran produk fashion Indonesia di pasar Eropa, pasar yang memiliki pengaruh besar terhadap industri fashion dunia. Koleksi yang ditampilkan Ivan memetik ide kreatif dari masa keemasan kerajaan Majapahit ketika dipimpin oleh sang Maharani, Tribhuawana Tunggadewi, Ratu yang berhasil menaklukkan Nusantara.

Ivan menyerap masa kejayaan tersebut dan mentransformasikannya ke gaya hidup fashion modern saat ini, berupa rancangan gaun-gaun malam high fashion dengan karakter khas Ivan Gunawan, yaitu red carpet look, aura selebriti, glamor, dan seksi.

Semua rancangan satu warna, yaitu warna emas, kemudian dihiasi dengan ornamentasi kristal dan fringe kristal yang ditata dekoratif gemerlap. Di antara bahan-bahan lace yang digunakan, terdapat dua bahan dengan motif yang diciptakan sendiri oleh Ivan Gunawan, yaitu motif Kipas Renjana (Renjana: Cinta kasih, gairah, dan rindu) dan motif Pakis Suvarna (Suvarna: Emas).

“Setelah 20 tahun berkarya, ini pertama kalinya saya menciptakan motif sendiri,” ujar Ivan Gunawan.

Beberapa koleksi Ivan Gunawan yang ditampilkan di Front Row Paris (dok.pribadi)

Kehadiran Ivan Gunawan di Front Row Paris 2023 juga didukung penuh oleh Vibe Indonesia. Pada 2022, Vibe Indonesia yang merupakan produk 100 persen karya anak bangsa telah menggandeng Ivan Gunawan berkolaborasi dengan menciptakan desain pada media botol kaca dan kemasan Vibe Indonesia untuk beberapa varian yaitu ada Vibe Black Tea, Vibe Exotic Lychee, Vibe Peach, Vibe Apricot dan juga Vibe Vodka Premium. 

Kemewahan koleksi MAHARANI ini juga muncul dari pilihan bahan-bahan yang digunakan oleh Ivan Gunawan. Bahan-bahan tersebut disediakan oleh FABRIC SOCIETY, satu toko penyedia bahan kain bertaraf ‘high-end’ berlokasi di Pondok Indah Mall 2. Untuk sepatu-sepatu model dipersembahkan LANGKAH by Lina.

Kegemerlapan koleksi MAHARANI juga semakin bersinar berkat perhiasan dari LECIEL, sebuah jenama perhiasan dari Indonesia yang sudah terbiasa menciptakan customization perhiasan bersepuh white gold, rose gold, dan yellow gold. Menyambut kolaborasi pertama dengan Ivan Gunawan ini, LECIEL menghadirkan koleksi aksesori bertema Golden Parade.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait