12 Kepribadian Unik Para Penyuka Kesendirian

Alam Mary | 4 Januari 2024 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kadang kita mendapati seorang teman atau kenalan yang suka bepergian kemana-mana sendirian. Sementara kebanyakan orang merasa gentar atau minimal merasa canggung saat sendirian, yang terjadi pada mereka justru sebaliknya. Kesendirian malah membuat nyaman dan bahagia. Loh, kok bisa?

Tentu saja bisa. Karena di balik sikap percaya diri mereka, ada karakter-karakter unik yang menunjang di belakangnya. Karakter-karakter yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang. Berikut 12 kepribadian unik tersebut seperti dilansir dari Expert Editor.

1. Mereka merasa cukup dengan dirinya sendiri

Orang semacam ini cenderung tidak menggantungkan kebahagiaannya pada orang lain. Bukan karena mereka anti terhadap keberadaan orang lain, hanya saja mereka merasa cukup dengan dirinya sendiri. Tidak membutuhkan orang lain untuk melengkapi dirinya. 

2. Mereka adalah pemikir

Para pemikir membutuhkan banyak waktu sendirian. Dan kesendirian memang sengaja diciptakan oleh mereka. Terutama ketika ingin memikirkan sesuatu secara mendalam.

3. Mereka sangat menghargai ruang pribadi

Tentu saja, mereka sangat menghargai ruang pribadinya sendiri. Bagi mereka, ruang pribadi yang ekslusif tidak hanya membuat bahagia, tapi juga baik untuk kesehatan mental dan fisik.

4. Kreativitas tanpa batas

Orang-orang kreatif merasa kreativitasnya semakin tinggi saat sendirian. Maka mereka memang sengaja memperbanyak waktu sendirian. Tidak perlu cemas.

5. Nyaman dengan diri sendiri

Orang-orang yang nyaman dengan dirinya sendiri akan merasa bahwa kesendirian bukan sesuatu yang memalukan atau menyedihkan, sebagaimana pandangan kebanyakan orang.

6. Diam-diam seorang pencari solusi

Jangan anggap remeh mereka yang selalu terlihat sendirian. Beranikan untuk sesekali curhat, mereka akan memiliki solusi paling bijak dan masuk akal untuk kita.

7. Pengamat ulung

Kesendirian membuat seseorang dapat melihat segala sesuatunya dalam perspektif lebih luas. Mereka mungkin terlihat seperti kesepian, namun tidak perlu dikasihani. Karena memang ada sesuatu yang sedang mereka lakukan dalam kesendiriannya itu.

8. Hidup untuk saat ini

Orang-orang yang menyukai kesendirian biasanya tidak banyak beban masa lalu atau pun masa depan. Mereka hidup untuk menikmati hari ini. Mereka akan melakukan yang disukai tanpa perlu menunggu atau merasa tidak enak dengan orang lain.

9. Pemikir yang bebas

Seorang pemikir tidak mau ide-idenya banyak terkontaminasi dengan lingkungan. Kesendirian membuat ide-ide yang muncul semakin bebas dan anti-mainstream.

10. Disiplin adalah nama tengah mereka

Jika tidak mandiri dan tidak disiplin, tentu sulit bagi seseorang melakukan segala sesuatunya sendirian. Mereka yang sering merasa kewalahan, kerepotan, dan semacamnya, tidak akan masuk ke dalam daftar penyuka kesendirian.

11. Pemuja keheningan

Tanpa alasan yang spesifik, orang-orang semacam ini ya hanya menyukai keheningan. Pokoknya situasi yang tidak bising dan ramai membuat mereka nyaman dan bahagia.

12. Tangguh adalah kekuatan mereka

Seseorang yang dapat melakukan segala sesuatunya sendirian hampir pasti orang yang tangguh.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait