7 Manfaat Kurma Bila Dikonsumsi Saat Buka Puasa dan Sahur

Siti Adisya Kirana | 19 Maret 2024 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kurma identik dengan hidangan saat berbuka puasa dan sahur di bulan Ramadan. Mengonsumsi buah kurma yang manis dan lembut ini adalah salah satu ajaran yang diturunkan Rasulullah Saw. 

Ketika berbuka puasa, anda harus makan setidaknya tiga hingga lima butir kurma dengan segelas air putih.

Ini adalah tujuh keuntungan mengonsumsi kurma saat berbuka puasa di bulan Ramadan :
 
1. Meningkatkan kesehatan otak

Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin B6, kalium, dan magnesium yang dapat melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan.

Kurma juga dapat membuat anda lebih fokus saat beraktivitas, terutama saat berpuasa.

2. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Namun, mengonsumsi kurma yang kaya akan zat besi dapat membantu mengurangi gejala anemia dengan membantu tubuh membuat sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kurma mengandung mineral penting seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium, yang bekerja sama untuk mencegah osteoporosis, terutama pada wanita menopause.

4. Menjaga kadar gula darah

Kurma memiliki indeks glikemik yang rendah dan banyak serat dan antioksidan yang dapat membantu mengontrol gula darah. Hal ini penting karena penyerapan gula yang terlalu cepat dapat menyebabkan pusing, sakit kepala, dan lemas.

5. Menambah energi pada tubuh

Kurma mengandung gula alami seperti fruktosa dan glukosa yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat membantu tubuh mengembalikan energi dengan cepat ketika seseorang berpuasa.

6. Memberikan rasa kenyang lebih lama

Kurma yang mengandung banyak serat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Ini sangat baik saat berpuasa karena dapat membantu mengontrol rasa lapar.

7. Melancarkan sistem pencernaan

Serat kurma juga mencegah konstipasi dan menjaga gerakan usus besar tetap teratur yang sangat membantu menjaga kesehatan pencernaan selama bulan Ramadan.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Supriyanto
Berita Terkait