Tidak Hanya Tumbuh Uban, Ini Dia Tanda-Tanda Rambut Menua yang Perlu Diperhatikan

Sekar Diana Putri | 22 Juni 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seiring berjalannya waktu, rambut ternyata mengalami proses penuaan atau biasa disebut juga hair aging. Proses penuaan rambut tidak hanya ditandai dengan tumbuhnya uban, bisa jadi mengalami kerusakan karena aktivitas sehari-hari. Paparan matahari, penataan rambut yang terlalu sering, dan kehidupan yang tidak sehat dapat membuat rambut kering, bercabang, kehilangan kilaunya, mudah patah, serta kerontokan. 

Penuaan rambut tidak hanya terjadi pada perempuan saja, melainkan laki-laki. Biasanya pada laki-laki rambut menjadi rontok dan menipis serta mengalami kebotakan. Perempuan berhijab juga akan mengalami hair aging. Walaupun tidak men-styling rambut, akan tetapi pengikatan rambut terus menerus juga dapat membuat rambut rusak.

Maka dari itu perawatan rambut sangatlah penting. Jadikan perawatan rambut sebagai rutinitas penting agar terhindar dari penuaan rambut yang berlebihan. Perawatannya bisa menggunakan vitamin rambut yang mengandung antioksidan tinggi seperti Morrocan Oil. Selain itu juga gunakan masker rambut seminggu sekali, conditioner, hair tonic setelah keramas, dan protein cream untuk mengembalikan kesehatan rambut. Shampo yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan rambut, karena jika tidak cocok rambut akan rontok bahkan berketombe.

Makan makanan yang bergizi juga dapat membuat kesehatan rambut terjaga. Selain untuk kesehatan tubuh, konsumsi buah dan sayur setiap hari sangat berpengaruh untuk kesehatan rambut. Tidak lupa juga dilengkapi dengan mengkonsumsi air 8 gelas perhari kulit dan rambut terhidrasi dan tidak kering.

Penulis : Sekar Diana Putri
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait