3 Kiat Sukses Membangun Bisnis untuk Anak Muda ala Dato Sri Mohammed Shaheen Owner Riyaz Hotel & Resorts

Indra Kurniawan | 21 Juni 2024 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bangsawan bergelar Dato Sri asal Malaysia, Mohammed Shaheen Shah bin Mohd Sidek atau lebih dikenal Dato Sri Mohammed Shaheen baru-baru ini berhasil meraih penghargaan bergengsi di Asia Pacific Enterprise Awards (APEA) 2024 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (7/6) lalu.

Dato Sri Mohammed Shaheen meraih penghargaan Master Entrepreuner di bidang perhotelan, food service, dan pariwisata. Penghargaan ini diberikan atas pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan miliknya. 

"Kami mengembangkan mental kemenangan dan ketekunan. Melawan segala rintangan, kami memperluas brand kami di Langkawi, mengakuisisi lahan utama di Desaru untuk pengembangan di masa depan dan menandatangani kontrak manajemen baru di destinasi-destinasi utama di Asia Tenggara," ujar Dato Sri Mohammed Shaheen dalam keterangan tertulisnya.

Bukan hal mudah bagi Dato Sri Mohammed Shaheen untuk mencapai tahap seperti sekarang. Kuncinya adalah kemampuan untuk beradaptasi dalam menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan bisnis.

"Kami menyambut perubahan, belajar dari kemunduran dan menggunakannya sebagai peluang untuk perbaikan dan pertumbuhan," ungkap pemilik RIYAZ Internasional dan RIYAZ Hotels & Resorts. 

Dato Sri Mohammed Shaheen lebih lanjut mengatakan tantangan terbesar di sektor perhotelan, food service, dan pariwisata adalah tenaga kerja. Bagaimanapun katanya sektor ini bergantung pada sekelompok orang yang sangat beragam.

"Mempekerjakan orang yang tepat dan menciptakan lingkungan yang tepat agar mereka bisa berkembang adalah sebuah tantangan. Menyelaraskan pola pikir yang beragam dan berpikir seperti seorang pemilik adalah hal yang sulit," beri tahu Dato Sri Mohammed Shaheen yang memiliki hampir 400 karyawan. 

Dato Sri Mohammed Shaheen meraih penghargaan Master Entrepreuner di bidang perhotelan, food service, dan pariwisata. (Instagram/Shaheen Shah Sidek)

Sebagai pengusaha yang sudah banyak makan asam garam, Dato Sri Mohammed Shaheen melihat Indonesia sebagai sarang peluang bisnis. Karenanya terpenting baginya adalah memastikan RIYAZ terus bergerak maju sambil menjaga tingkat tertinggi Tata Kelola Perusahaan dan transparan dalam semua urusan bisnis.

"Jika cara berbisnis seperti ini membuka peluang baru di Indonesia, mungkin ini bisa kami jajaki," kata Dato Sri Mohammed Shaheen yang baru saja menjalin kerja sama dengan Artotel Group di Indonesia. 

Kepada anak muda yang baru atau akan merintis bisnis, Dato Sri Mohammed Shaheen berbagi kiat sukses. Pertama, mulailah bisnis sesuai dengan passion yang dimiliki dan yakini dengan tulus. 

"Passion akan mendorong motivasi, kreativitas, dan ketekunan Anda melalui tantangan tak terelakkan yang akan Anda hadapi," kata Dato Sri Mohammed Shaheen.

Kedua, tetap gigih dan tangguh. Menurutnya kewirausahaan adalah sebuah perjalanan yang penuh dengan pasang surut. Untuk mencapai tujuan, diperlukan kegigihan dan ketangguhan dalam menghadapi segala rintangan yang ada. 

"Percayalah pada diri sendiri dan visi Anda, jangan pernah menyerah pada impian Anda," serunya.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait