Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta yang Bisa Dijadikan Area Berolahraga

Sekar Diana Putri | 23 Juni 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tempat wisata selain dijadikan untuk berwisata ternyata juga bisa dijadikan sebagai area berolahraga. Banyak masyarakat yang datang ke tempat wisata ini hanya untuk jogging atau olahraga lainnya. Nah ini dia tempat wisata di Jakarta ini dapat direkomendasikan sebagai tempat untuk berolahraga.


Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan menjadi spot terdekat untuk warga Jakarta yang ingin melihat satwa. Seiring berjalannya waktu, Ragunan menambahkan fasilitas jogging track mengelilingi danau. Areanya yang bersih dan asri membuat tempat ini ramai didatangi warga yang ingin berolahraga sembari  menghirup udara segar. Panjang track ini adalah satu kilometer yang dibuat dari tahun 2022.

"Kami menambah satu jalur joging sepanjang satu kilometer pada November 2022," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang dikutip dari Antara, Jumat (5/5).

Selain bisa digunakan untuk joging, track ini juga bisa digunakan untuk bersepeda. Danau di sini juga dijaga kebersihannya, tidak terlihat banyak sampah yang berserakan. 

Lokasinya di Jl. Harsono RM, No.1, Ragunan, Pasar Minggu, jakarta Selatan. Harga tiket masuknya 4 ribu rupiah, dan saat ini terdapat kartu pengunjung Ragunan. Buka setiap hari Selasa - Minggu pukul 07:00 - 16:00 WIB. 


Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa disingkat dengan TMII ini merupakan miniatur dari kebudayaan Indonesia. Aturan disini sudah diperketat yaitu pengunjung tidak boleh berkeliling menggunakan kendaraan pribadi kecuali kendaraan listrik dan angkutan umum dari TMII. Aturan tersebut tampaknya sangat disetujui pengunjung apalagi untuk pengunjung yang ingin berolahraga disini. 

“Sekarang udah enak, kendaraan dnggak dibolehkan masuk jadi buat santai-santai disini sambil bawa anak enggak khawatir, apalagi tempat ini luas banget jadi bisa buat olahraga santai,” ujar salah satu pengunjung.

Untuk memasuki TMII dikenakan biaya seharga 35 ribu/orang. TMII buka dari pukul 06:00 - 17:00 WIB. Lokasinya ada di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.


Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang memiliki pantai. Saat ini Ancol sudah merevitalisasi kawasan pantainya menjadi sebuah kawasan terbuka bernama Symphony Of The Sea yang memiliki pantai berpasir putih, lengkap dengan track jogging di sepanjang pinggir pantainya. 

Symphony Of The Sea terbagi menjadi beberapa area yang cocok untuk kalian melakukan berbagai latihan olahraga. Kawasan pertama adalah Stone Area yang memiliki dekorasi batu-batuan alam. Kawasan kedua adalah Water And Sand yang terinspirasi dari alam maritim Indonesia. Kawasan Ketiga adalah Forest Area yang memberikan nuansa keindahan alam Indonesia dan atmosfer yang damai.

Selain itu terdapat juga fasilitas olahraga lainnya penyewaan sepeda dan taman fitness yang memiliki ragam pilihan alat olahraga fitness layaknya gym. Dengan view pantai yang indah, pastinya bikin foto olahraga kamu makin Instagramable.

Buka setiap hari dari pukul 06:00 - 24:00 WIB. harga tiket masuknya 30 ribu/orang. Lokasinya Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Tempat-tempat wisata tersebut sangat cocok untuk kalian yang ingin berolahraga sekaligus rekreasi. Tetap menjaga kebersihan tempat wisata ya saat berkunjung. 

Penulis : Sekar Diana Putri
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait