7 Makanan dan Minuman yang Harus Dijauhi Saat Menstruasi, Padahal Enak

Alam Mary | 25 Juni 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bagi para wanita, menghadapi periode menstruasi cukup tricky. Terutama soal makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dimakan. Salah sedikit soal ini, risikonya periode menstruasi yang lebih dramatis. Tidak hanya soal urusan kram atau nyeri, tapi juga emosi yang mungkin akan lebih bergejolak.

Andai bisa sekadar mengikuti hasrat atau keinginan, para wanita yang sedang menstruasi tentu maunya memakan dan meminum yang enak-anak. Logika sederhananya, makanan dan minuman enak akan membuat perasaan lebih senang. Hal ini otomatis akan membantu wanita lebih mudah menghadapi periode menstruasinya.

Harapannya begitu. Namun faktanya malah berkebalikan. Sejumlah makanan dan minuman enak malah harus dijauhi sementara selama periode menstruasi. Melansir Flo Health, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang masuk ke dalam daftar terlarang.

1. Makanan kalengan 

Anda mungkin terlalu malas memasak saat haid. Namun pilihan praktis mengonsumsi makanan kalengan justru akan menjadi bumerang. Makanan kalengan umumnya tinggi garam, rendah nutrisi, serta terlalu banyak mengandung bahan tambahan kimia yang tidak sehat. Mengonsumsinya akan membuat perut terasa kembung dan kram. Makanan segar dan tanpa proses pengolahan yang panjang pilihan terbaik saat menstruasi. 

2. Kacang polong

Dalam situasi normal, kacang polong termasuk makanan sehat karena kandungan seratnya yang tinggi. Namun kacang polong tidak terlalu tepat bila dikonsumsi saat menstruasi karena dapat menyebabkan sakit perut. Pilih makanan alami yang lebih ringan lainnya dari kacang polong.

3. Permen 

Dalam bayangan, mengemut permen saat menstruasi dapat membantu menghilangkan rasa mual atau pusing. Namun perlu diketahui, mengonsumsi gula berlebihan tidak baik untuk kesehatan secara umum, terlebih saat menstruasi. Kandungan gula tinggi dalam permen dapat meningkatkan risiko peradangan dalam tubuh. 

4. Makanan yang digoreng

Duh, kenikmatan makanan yang digoreng memang tidak ada duanya. Akan tetapi, makanan jenis ini justru harus paling dihindari saat menstruasi. Makanan yang digoreng akan membuat kerja usus atau sistem pencernaan bekerja lebih berat. Dan hal ini secara tidak langsung dapat menyebabkan sakit perut. Baiknya konsumsi makanan yang dikukus atau direbus saja saat menstruasi. 

5. Susu dan prduk dairy lainnya

Padahal enak sekali membayangkan menenggak susu segar atau cokelat saat menstruasi. Tapi sebaiknya jangan mengikuti hawa nafsu. Produk makanan berbahan susu dan turunannya dapat meningkatkan risiko peradangan yang otomatis akan memperparah nyeri atau kram perut saat menstruasi. Jika kepengin banget, konsumsi dalam jumlah secukupnya saja hanya untuk mengambil kebaikan kalsiumnya.

6. Makanan berlemak

Terutama lemak pada daging merah, Anda benar-benar harus menghindarinya. Lemak berlebihan akan membuat aliran darah menyempit sekaligus memicu kontraksi otot. Dapat dibayangkan dampaknya pada perut Anda, bukan? Jadi, setop dulu mengonsumsi bakso tetelan, sop buntut, atau tongseng. Daging merah yang bersih dari lemak pilihan terbaik.

7. Kafein

Pecinta minuman kopi nampaknya akan keberatan jika harus berhenti menikmatinya sementara waktu selama periode menstruasi. Namun demi kebaikan, Anda harus mematuhinya. Kandungan kafein dapat memperburuk nyeri pada bagian panggul, memicu stres, dan membuat Anda lekas marah.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait