8 Tanda Calon Mertua akan Menyayangi Anda Sebagai Menantu

Alam Mary | 25 Juni 2024 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Baik buruknya karakter mertua tidak sekonyong-konyong muncul setelah Anda menikah dengan anaknya, lo. Jika Anda memang bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk mengamati dan menilai, karakter asli mertua bisa sedikit dikenali sejak masih berstatus calon mertua.

Ya, terutama bagi Anda yang menganggap penting faktor karakter mertua saat akan memutuskan menikah, maka fase mengamati dan menilai jelas harus dilakukan. Paksakan untuk meluangkan waktu untuk juga mengenal calon mertua, alih-alih hanya fokus pada hubungan Anda dan si dianya saja saat masih berstatus sebagai pacar. Ketimbang menyesal kemudian karena pernikahan sudah telanjur terjadi.

Melansir Martha Stewart Weddings, terdapat 8 tanda calon mertua menyukai Anda dan kelak akan menyayangi Anda sebagai menantunya. Jika sebagian atau tidak satu pun tanda ini terlihat saat fase berpacaran, tentu Anda tahu pasti hal apa yang seharusnya dilakukan.

1. Dia tidak membandingkan

Jika baru bertemu saja dia sudah berani berkata bahwa Anda mirip si A, Anda mengingatkan pada si B, dan nama-nama yang disebutkan calon mertua adalah mantan-mantan kekasih anaknya terdahulu, ini sudah jadi pertanda buruk yang paling mudah dikenali. Mumpung hubungan belum terlalu jauh, Anda bisa memutuskan mundur teratur. 

Jika saat pertama bertemu calon mertua justru fokus pada diri Anda langsung dan berusaha mengomentari tentang diri Anda tanpa melakukan perbandingan apa pun, dalam hati mantapkan diri untuk berkata, "Oke lanjut!"

2. Dia mengundang Anda ke acara keluarga besar

Ketika calon mertua menyempatkan diri memberi kabar, mengundang, mengajak Anda saat ada acara-acara keluarga besar, seperti pernikahan, halal bihalal, dan lain-lain, maka bisa diartikan calon mertua sudah menganggap Anda bagian dari keluarganya. Dan dia tidak merasa keberatan jika keluarga besar juga mengenal keberadaan Anda. 

Kalau yang terjadi justru sebaliknya, sementara hubungan pacaran yang sudah dijalani juga sudah cukup lama, ini jadi tanda serius bahwa Anda tidak terlalu dianggap sebagai calon menantu. 

3. Dia manis di depan dan di belakang Anda 

Oke, mungkin calon mertua selalu tersenyum di hadapan Anda, berbicara baik saat bertemu dengan Anda, dan lain-lain. Namun satu kali saja Anda mendapatkan bukti bahwa calon mertua berbicara buruk tentang Anda di belakang Anda, segera pikirkan lagi soal hubungan Anda dan anaknya ke depan. 

4. Dia menghormati pendapat Anda

Tentu Anda bisa merasakannya langsung saat mengobrol dengan calon mertua. Lihat gesture-nya, perhatikan nada bicaranya, tatap matanya, dan lain-lain. Jangan bohongi diri Anda jika perasaan Anda berbisik bahwa hubungan tidak seharusnya dilanjutkan. 

5. Dia ingin mengenal Anda lebih jauh

Ini menjadi kebalikan dari poin 4. Bila obrolan berlangsung seru, timpal balik yang terjadi positif, dan calon mertua bertanya banyak tentang diri Anda, sambut dengan tangan terbuka. Jangan berprasangka buruk, karena banyak bertanya-tanya itu jauh lebih baik ketimbang dicuekin, lo. 

6. Dia mengingat tentang Anda secara lebih luas

Bukan sekadar hari ulang tahun yang calon mertua ingat tentang Anda. Tapi juga warna favorit, makanan kesukaan, hobi, dan lain-lainnya. Ini mungkin akan membuat Anda terharu dan itu tidak masalah. Jangan ragu untuk melanjutkan hubungan Anda dengan anaknya!

7. Dia memahami batasan Anda

Ini menjadi level tertinggi dari sikap memahami seseorang. Ketika calon mertua, misalnya sudah tahu jika Anda tidak nyaman untuk mengikuti acara keluarga yang sampai menginap, tahu bahwa Anda tidak suka ditanya-tanya soal orang tua yang sudah meninggal, dan lain sebagainya, maka bisa dipastikan hubungan Anda dan calon mertua ke depannya akan lebih mudah dijalani. 

8. Dia bersemangat tentang masa depan anaknya bersama Anda

Oke, rasa antusias bisa dibilang sebagai ekspresi yang paling tidak bisa ditutupi pada diri seseorang. Rasa antusias akan membuat calon mertua selalu terlihat positif dan bersemangat dengan segala tentang Anda. Syukuri jika hal ini terjadi dan jangan lupa untuk membalas kebaikan calon mertua dengan sikap yang sama positif.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait