Badan Tak Kunjung Langsing! Ini 5 Kunci Keberhasilan Diet

Alam Mary | 2 Juli 2024 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Walau sejatinya diet adalah mengatur pola makan, namun kebanyakan orang melakukan diet demi mendapatkan bentuk tubuh langsing. Well, tidak ada yang salah. Karena tubuh langsing juga termasuk salah satu kriteria tubuh yang sehat.

Ketika seseorang mengaku sudah melakukan diet, namun ukuran tubuhnya tidak banyak berubah, maka dapat diartikan jika program dietnya gagal. Jangan-jangan, diet yang dilakukan hanya sebatas mengurangi asupan makanan.

Nyatanya, diet tak cukup sekadar mengurangi makan. Ada 5 hal lainnya yang juga harus juga dilakukan agar program diet berhasil. Ini merupakan kunci utama yang tidak boleh dilewatkan. Berikut bahasannya seperti dilansir dari Eating Well.

1. Pahami garis besarnya 

Oke, jadi diet tidak sekadar mengurangi porsi makan. Tapi menghindari dan atau tidak mengonsumsi lagi makanan dan minuman yang jelas-jelas tidak akan mendukung diet. Makanan manis, makanan olahan, makanan yang tidak mengandung serat, dan lain-lain. Buat catatan tentang makanan dan minuman yang biasa Anda konsumsi. Pisahkan antara yang baik dan tidak baik. Kemudian jadikan pegangan agar Anda melanjutkan kebiasaan konsumsi yang baik dan meninggalkan kebiasaan konsumsi yang buruk.

2. Minta bantuan ahli diet

Pergilah ke fasilitas kesehatan seperti klinik atau rumah sakit jika Anda mulai merasa kelebihan berat badan. Dari sini kita akan berkonsultasi, diperiksa kesehatannya dan mendapatkan rekomendasi untuk bertemu dengan dokter gizi. Tidak perlu malu atau sungkan, karena toh memang ada layanannya. Manfaatkan sebaik mungkin agar diet Anda terprogram dengan baik, benar dan dengan bantuan ahli. 

3. Jadikan separuh piring Anda sayuran

Ini salah satu cara paling mudah untuk memastikan isi piring Anda sehat dan mendukung program diet yang dilakukan. Sebanyak apapun karbohidrat dan protein di piring, maka harus sebanyak itu pula jumlah sayuran yang dimakan. 

4. Awali hari dengan sarapan seimbang 

Sarapan itu penting. Namun isi sarapannya juga harus diperhatikan. Pastikan sarapan yang Anda makan mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Hindari sereal manis, roti, atau gorengan. Ini jelas bukan sarapan sehat dan dapat dipastikan tidak seimbang kandungan gizinya. 

5. Olahraga!

Jangan merasa cukup hanya dengan mengatur pola makan. Karena hasil diet yang optimal hanya akan didapat jika program diet dibarengi dengan program latihan fisik. Tidak perlu membayangkan diri berlatih fisik bak seorang atlet. Berjalan selama 30 menit setiap hari sudah cukup membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kuncinya hanya harus konsisten!

Penulis : Alam Mary
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait