8 Kesalahan Saat Mendekorasi Dapur, Menurut Ahli Desain

Alam Mary | 14 Juli 2024 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dapur dapat dikatakan sebagai area di rumah paling favorit bagi kebanyakan ibu rumah tangga. Itu sebabnya, dapur hampir pasti menjadi yang pertama didandani atau dipercantik ketika anggaran untuk renovasi tersedia. Tidak terlalu masalah apakah nantinya dapur akan sering dipakai beraktivitas memasak atau malah jarang. Yang penting dapur harus terlihat estetik!

Tentu saja, masalah dekorasi persoalan selera pribadi. Pun demikian ketika seseorang mendekorasi dapurnya. Selera pribadi tentu akan tetap dikedepankan. Akan tetapi, agar dana renovasi tidak terbuang percuma, perlu dihindari 8 kesalahan paling fatal dalam hal mendekorasi dapur, menurut para ahli desain seperti dilansir dari The Spruce berikut ini.

1. Tidak memasang backsplash 

Memasang pelindung tembok atau backsplash menjadi penting atau bahkan paling utama dalam hal dekorasi dapur. Pemasangan backsplash berguna untuk menjaga agar tembok terlindung dari cipratan minyak, air, api, dan lain-lain yang biasa terjadi di area dapur.

Biasanya backsplash dibuat menggunakan keramik yang dipasang menutupi area tembok. Terutama yang berada di bagian depan kompor dan wastafel. Dengan menggunakan backsplash, tidak hanya tembok yang terhindar dari kemungkinan kerusakan. Pada waktu bersamaan, area dapur juga jadi lebih mudah dibersihkan. Cukup dilap dan disemprot menggunakan cairan pembersih secara berkala. 

Investasikan dana untuk memasang backsplash berkualitas bagus. Hindari penggunaan stiker atau wallpaper, karena tidak akan tahan lama. 

2. Terlalu banyak perintilan di atas meja 

Area meja dapur semestinya cukup lega dan bersih dari dekorasi tidak penting. Anda boleh saja menaruh rak pisau cantik atau rak bumbu estetik, tapi pastikan jaraknya cukup jauh dan tidak sampai bersinggungan dengan siku saat Anda mengiris bawang atau menguleni adonan. 

Kunci agar meja dapur tetap bersih, hindari pemasangan dekorasi yang tidak esensial. Walau itu sangat lucu, jangan pernah meletakkannya di meja dapur! Dekorasi minimalis bisa diletakkan di sudut lain ruang dapur. 

3. Pemilihan warna gelap

Mungkin Anda berpikir, warna gelap akan menyamarkan dapur yang kotor. Namun pemilihan dekorasi yang dominan warna gelap sejak awal sudah akan membuat citra dapur terlihat kotor. 

Alangkah lebih baik jika warna dominan di dapur adalah warna-warna yang mengesankan bersih seperti putih dan sejenisnya. Dengan pemilihan warna semacam ini, dijamin Anda juga akan lebih sering membersihkan dapur karena sedikit saja kotoran akan mudah terlihat di area permukaan berwarna terang.

4. Kursi yang tidak nyaman 

Mungkin Anda butuh istirahat di tengah-tengah aktivitas memasak yang melelahkan. Maka menyediakan kursi yang nyaman dengan sebuah meja kecil di area dapur menjadi wajib hukumnya. Anda bisa mengawasi proses memasak yang terkadang panjang sambil duduk dan menikmati secangkir kopi. 

5. Hardware yang mencolok dan murahan 

Keran wastafel termasuk yang paling tinggi aktivitas pemakaiannya. Jika memang ada dananya, menginvestasikan sedikit lebih banyak untuk membeli set keran berkualitas yang kokoh dan terlihat elegan akan menjadi pilihat cerdas. Keran yang materialnya murahan, mencolok dari segi warna, serta mudah bocor atau meneteskan air akan menjatuhkan keestetikan dapur Anda seketika.

6. Skala yang tidak proporsional

Sering ditemukan, dekorasi dapur yang tidak tepat. Terlalu besar, terlalu ramai, atau terlalu penuh. Pikirkan baik-baik dan pikirkan kesesuaiannya dengan ukuran dapur Anda saat membeli keset atau memasang kitchen set. Kuncinya adalah keseimbangan. Dapur yang sempit tentu hanya membutuhkan kitchen set yang mungil. 

7. Tidak memperhatikan pencahayaan 

Lampu gantung cantik mungkin terlihat sangat estetik. Namun Anda tetap membutuhkan pencahayaan yang cukup di atas meja dapur. Karena memasak dengan pencahayaan yang minim sangat tidak nyaman dan bisa jadi berbahaya.

Jika lampu gantung yang dipasang di tengah ruang dapur benar-benar penting dan tidak bisa ditiadakan, Anda bisa memasang lampu tambahan yang dipasang di atas meja dapur sebagai sumber pencahayaan khusus saat memasak. 

8. Sumber kekacauan yang terlihat

Saat merancang dapur, pikirkan baik-baik di mana Anda akan meletakkan peralatan memasak dan wadah bumbu. Terlalu banyak yang digantung atau ditumpuk dalam rak tidak akan estetik secara visual. Pada poin ini, menyembunyikan tabung gas dan tempat sampah termasuk yang harus dipikirkan.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait