Gandeng Teuku Wisnu, Makhtab Ekspansi ke Mal untuk Saingi Produk Impor

Indra Kurniawan | 21 Juli 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Teuku Wisnu digandeng sepupunya, Teuku Moh Rizky Rivolsa, untuk menjadi Brand Ambassador brand lokal pakaian muslim Makhtab. Di tahun ke-5 berdiri, Makhtab membuka toko di Gandaria City Jakarta Selatan.

Hadir pada pembukaan yang digelar pada Sabtu (20/7) siang, sederet artis ternama seperti Dimas Seto dan Ari Untung. Mereka kompak mengenakan baju hitam dari Makhtab, seperti yang dipakai Wisnu dan Rizky. 

Rizky mengaku bersyukur dapat membuka toko di Gandaria City, yang merupakan pindahan dari Blok M Plaza yang tutup akibat pandemi Covid-19. Toko di Gandaria cabang kedua Makhtab setelah Plaza Aceh yang dibuka sejak pada tahun ini juga.

"Toko pertama di Blok M Plaza buka tahun 2021. Yang di Aceh tahun ini juga bukanya. Kami set up dulu. Dari mulai benarin pabriknya dulu, kami produksi sendiri, pilar-pilarnya kami bentuk dulu. Setelah terbentuk, kami bikin store-store. Mudah-mudahan tahun-tahun ke depan kami bisa buka store lebih banyak lagi," kata Rizky. 

Toko di Gandaria City bukan toko terakhir yang dibuka Makhtab pada tahun ini. Menurut rencana, akhir tahun ini Makhtab akan buka satu toko lagi di Medan, Sumatra Utara. 

Grand Opening Makhtab di Gandaria City Jakarta pada Sabtu (20/7) siang. (Indra Kurniawan/tabloidbintang.com)

"Insya Allah nambah 1 lagi, mungkin akhir tahun. Kemudian tahun depan kami akan diskusi lagi dari hasil ini buat menentukan mau buka toko di kota mana lagi," jelas Rizky. 

Ekspansi ke Mal salah satu upaya Makhtab untuk lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas. Selain itu juga untuk menyaingi produk-produk impor yang sudah lebih dulu dikenal. 

"Memang saingan Makhtab sejauh ini lebih ke brand-brand asing. Makanya kami masuk ke mal-mal supaya brand muslim Indonesia bisa menggeser brand asing. Itulah yang kami kejar. Gimana menyaingi mereka, ya berarti harus meningkatkan kualitas," kata Rizky.

Makhtab didirikan pada tahun 2020 oleh Rizky beserta istrinya, Intan Permatasari. Mereka saling berbagi tugas. Rizky mengurus bagian development, sementara Intan bertanggung jawab di bagian desain dan kreatif. 

Makhtab dibikin untuk menjawab kegelisahan Rizky dalam mencari baju kerja syari. Rizky sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan asing dan memutuskan keluar tahun lalu. 

"Tujuan kenapa saya buka Makhtab, tuh, karena susah waktu itu saya cari baju kerja syari. Yang bisa dipakai buat ngantor, tuh, susah banget. Adanya, kan, baju koko buat Lebaran atau ke masjid. Waktu itu saya masih kerja di perusahaan asing sehingga harus berpenampilan rapi," cerita Rizky kepada awak media. 

"Saya cari, tuh, pakaian muslim yang buat kerja. Di Mal bahkan enggak ada sama sekali waktu itu. Saya baru dapat di (Pasar) Tanah Abang (Jakarta Pusat)," lanjutnya.

Toko Makhtab di Gandaria City bukan hanya menyediakan pakaian muslim tapi juga ada untuk perempuan dan anak-anak. (Indra Kurniawan/tabloidbintang.com)

"Saya pikir banyaklah yang seperti saya, yang pengin berpenampilan syari tapi rapi. Beranjak dari situlah akhirnya saya bentuk tim, dibantu istri saya, dan alhamdulillah sampai sekarang sudah mencapai tahap ini. Saya sangat bersyukur," ucapnya. 

Koleksi busana Makhtab dirancang dengan teliti dan rapi, memadukan kaidah syari dengan gaya modern mengikuti tren mode dunia. Tidak hanya pakaian pria, dalam perkembangannya Makhtab juga menyediakan koleksi untuk pelanggan wanita lewat Makhtab Ladies dan Musikana. 

"Alhamdulillah per tahun ini kami mulai fokus, besarin lagi lini busana perempuan. Pertama kami buka di pameran di Aceh sangat diterima. Jadi sekarang kamu mulai mengembangkan lini busana perempuan. Yang jelas yang kami kejar adalah yang kualitas premium," jelas Rizky.

Tahun ini juga untuk pertama kalinya Makhtab memiliki Brand Ambassador.  Pemilihan Teuku Wisnu sebagai Brand Ambassador bukan tanpa pertimbangan. Selain karena sepupu dari Rizky sendiri, Wisnu dianggap sebagai artis hijrah yang berhasil.

"Dari awal dia suka bantu kami. Dia posting sendiri produk-produk Makhtab dari 2021. Dan baru tahun ini kami menjadikan Teuku Wisnu Brand Ambassador Makhtab. Imej dia juga bagus, kan. Dia benar-benar artis hijrah, jadi cocok dengan Makhtab," Rizky menjelaskan.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait