Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil, Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Ari Kurniawan | 28 Juli 2024 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak influencer ibu yang memamerkan aktivitas olahraga mereka, bahkan saat hamil. Hal ini sering membuat ibu hamil yang lebih memilih beristirahat merasa tidak percaya diri dan ingin memiliki kebugaran serupa. Namun, apakah itu mungkin?

Sebenarnya, tidak ada kewajiban untuk melakukan latihan fisik yang berat selama kehamilan. Istirahat yang cukup juga tidak masalah, terutama jika itu adalah rekomendasi dokter berdasarkan pemeriksaan kesehatan Anda.

Jika dokter kandungan Anda menyetujui, melakukan latihan ringan seperti berjalan kaki bisa sangat bermanfaat. Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) yang dikutip dari Health Line, berjalan kaki selama 150 menit setiap minggu sudah cukup untuk menjaga kebugaran tubuh tanpa risiko yang signifikan. Anda bisa membagi waktu tersebut dalam beberapa sesi, seperti berjalan selama 30 menit setiap hari dengan intensitas sedang.

Manfaat dari berjalan kaki untuk ibu hamil cukup banyak, termasuk mengurangi risiko diabetes, preeklampsia, serta meningkatkan kemungkinan persalinan normal. Selain itu, aktivitas ini juga dapat mengurangi nyeri punggung yang sering dialami selama kehamilan, serta meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan meredakan sakit kepala.

Namun, mengingat bahwa kondisi tubuh setiap ibu hamil bisa berbeda-beda, CDC tetap menyarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda sebelum memulai program latihan.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait