Sering Tak Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Program Diet Anda Gagal

Ari Kurniawan | 30 Juli 2024 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika Anda berencana untuk menurunkan berat badan, sering kali perhatian Anda terfokus pada penghapusan beberapa jenis makanan dari pola makan Anda. Namun, langkah ini saja mungkin tidak cukup jika Anda masih menjalankan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dapat mempengaruhi usaha penurunan berat badan Anda.

Susan Peirce Thompson, Ph.D., Presiden Institute for Sustainable Weight Loss, mengungkapkan bahwa salah satu kesalahan utama yang sering dilakukan adalah memulai hari dengan kebiasaan yang kurang tepat.

"Kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat mencoba menurunkan berat badan adalah memulai hari mereka dengan cara yang salah," ujarnya.

Berikut beberapa kebiasaan harian yang dapat mempengaruhi efektivitas program penurunan berat badan Anda, seperti yang dilaporkan oleh Womenshealthmagazine:

1. Kurang Tidur

Seringkali kita mendengar bahwa kurang tidur dapat berkontribusi pada penambahan berat badan. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon kortisol yang merangsang nafsu makan. Sebaliknya, tidur berlebihan juga tidak lebih baik. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS One menunjukkan bahwa tidur lebih dari 10 jam per malam dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan, dibandingkan dengan mereka yang tidur selama tujuh hingga sembilan jam per malam.

2. Tidak Membiarkan Sinar Matahari Masuk

Menurut studi dalam jurnal PLOS One, menutup kerai jendela setelah bangun tidur dapat mengurangi manfaat penurunan berat badan yang diperoleh dari sinar matahari pagi. Penelitian tersebut menyarankan bahwa paparan sinar matahari di pagi hari berhubungan dengan berat badan yang lebih ideal, terlepas dari pola makan seseorang. Hanya dengan 20 hingga 30 menit paparan sinar matahari, meskipun saat mendung, dapat memengaruhi berat badan Anda karena tubuh menyinkronkan jam internalnya termasuk metabolisme dengan gelombang cahaya biru dari matahari pagi.

3. Tidak Merapikan Tempat Tidur

Sebuah survei dari National Sleep Foundation menemukan bahwa merapikan tempat tidur dapat berkontribusi pada tidur yang lebih berkualitas dibandingkan mereka yang tidak merapikannya. Tidur yang berkualitas erat kaitannya dengan berat badan yang lebih rendah. Charles Duhigg, penulis buku The Power of Habit, mencatat bahwa merapikan tempat tidur di pagi hari dapat mendorong perilaku positif lainnya, seperti menyiapkan makan siang yang sehat.

4. Tidak Menimbang Berat Badan

Penelitian dari Universitas Cornell yang melibatkan 162 peserta menunjukkan bahwa menimbang berat badan setiap hari dapat membantu dalam proses penurunan berat badan dan mempertahankannya. Lisa Jones, R.D., juru bicara Akademi Nutrisi dan Dietetics Pennsylvania, merekomendasikan untuk menimbang berat badan di pagi hari saat berat badan berada pada titik terendah untuk hasil yang lebih akurat.

5. Sarapan Terlalu Sedikit

Penelitian dari Universitas Tel Aviv menunjukkan bahwa konsumsi sarapan seimbang dengan kandungan 600 kalori, yang terdiri dari protein tanpa lemak, karbohidrat, dan sedikit makanan manis, lebih efektif dalam mengurangi rasa lapar dibandingkan dengan sarapan rendah kalori atau yang hanya mengandung 300 kalori.

Dengan memperhatikan kebiasaan-kebiasaan ini, Anda dapat meningkatkan efektivitas usaha penurunan berat badan Anda dan mencapai hasil yang lebih optimal.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Supriyanto
Berita Terkait