5 Cara Alternatif Atasi Sembelit Tanpa Obat Pencahar

Alam Mary | 31 Juli 2024 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sembelit atau konstipasti bisa terjadi kapan saja. Tidak perlu menunggu sampai 3 hari berturut-turut tidak buang air besar, ketika perut mulai terasa penuh dan begah saja, kebanyakan orang sudah merasa tidak nyaman dan berharap bisa secepatnya buang air besar. Mengonsumsi obat pencahar tidak jarang dilakukan demi mempercepat prosesnya.

Akan tetapi, terlalu sering mengandalkan obat pencahar tentu tidak direkomendasikan. Akan ada risiko tubuh menjadi ketergantungan. Proses buang air besar ke depannya semakin sulit dilakukan secara alami lagi. Melansir Times of India, ada 5 cara yang relatif lebih aman untuk mengatasi sembelit. Sebagai berikut ini daftarnya.

1. Konsumsi makanan tinggi serat

Segera perbanyak asupan buah dan sayuran ketika perut mulai terasa tidak nyaman. Buah-buahan dan sayuran apa saja umumnya bisa membantu. Namun buah pepaya, apel dan pisang dan sayuran hijau seperti bayam, kubis, dan brokoli, memberi efek dorongan untuk buang air besar yang lebih cepat. Segera periksa persediaan buah dan sayuran yang ada di rumah atau beli jika perlu.

2. Berjongkok 

Banyak penelitian terbaru mengungkap penggunaan toilet jongkok lebih sehat dibanding toilet duduk. Terutama untuk mendukung proses buang air besar secara alami. Posisi berjongkok akan membuat otot-otot di usus besar lebih relaks dan ada bantuan gravitasi juga yang akan mempermudah gerakan mendorong feses. Jika kebetulan di rumah Anda tersedianya hanya toilet duduk, maka posisi berjongkok bisa dilakukan selama beberapa saat di luar sebelum masuk ke tempat pembuangan.

3. Teh herbal mungkin membantu 

Jika Anda termasuk yang sering mengalami sembelit, ada baiknya mulai menyetok produk teh herbal siap seduh di rumah. Teh herbal seperti teh peppermint, teh senna, dan teh dandelion pilihan terbaik untuk membantu mengatasi sembelit. Minum secara rutin atau saat perut mulai terasa begah dan tidak nyaman.

4. Konsumsi jahe 

Jahe segar atau jahe bubuk hampir pasti tersedia di setiap dapur rumah. Maka ketika perut mulai menunjukkan tanda-tanda sembelit, konsumsi jahe secepatnya. Anda bisa menelan beberapa irisan jahe segar atau membuat air seduhan jahe hangat.

5. Minum kopi

Para pecinta kopi pasti mengetahui rahasia ini! Ya, kandungan kafein dalam kopi dapat memicu kontraksi pada otot-otot pencernaan yang kemudian menimbulkan sensasi rasa mulas. Mengonsumsi secangkir kopi hitam di pagi hari dapat membantu aktivitas buang air besar menjadi lebih lancar setiap hari.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait