Wanita Hamil Cenderung Bau Badan dan Bau Ketiak, Ini yang Harus Dilakukan

Alam Mary | 23 Agustus 2024 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sama halnya dengan pria, wanita pun tidak terhindar dari yang namanya bau badan atau bau ketiak. Dan faktor penyebabnya bukan karena jorok atau jarang mandi. Ada faktor di luar itu semua yang dapat menyebabkan seorang wanita bisa berbau tidak sedap. 

Hormon memainkan peran penting dalam bau badan. Fluktuasi estrogen dan progesteron selama siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause dapat menyebabkan tubuh Anda lebih berkeringat, sehingga berkontribusi terhadap lebih banyak bakteri penyebab bau. 

Berikut ini beberapa tips untuk membantu mengurangi bau badan yang disebabkan faktor hormonal.

1. Jaga kebersihan 

Gunakan sabun yang lembut dan bebas pewangi untuk membersihkan tubuh Anda. Jangan lupa berikan perhatian ekstra pada area yang rentan berkeringat. 

2. Kelola area yang berkeringat 

Oleskan antiperspiran atau deodoran yang kuat. Jangan sekadar wangi, namun pilih yang mampu meredam bau. 

3. Hindari ruangan pengap 

Pilihlah area publik yang luas, lengang, dan berada di area yang sirkulasi udaranya bagus. Ruang pengap dan banyak orang akan memicu bau badan lebih cepat keluar.

4. Kenakan pakaian yang tepat 

Pilih pakaian yang bisa menyerap keringat seperti katun atau bahan bernapas lainnya yang memungkinkan sirkulasi udara dan mengurangi penumpukan keringat. Hindari kain sintetis yang memerangkap panas dan kelembapan. 

5. Tetap terhidrasi

Minum banyak air untuk membantu mengurangi konsentrasi senyawa penyebab bau yang disukai bakteri dalam keringat Anda. 

6. Perhatikan pola makan

Makanan berbau tajam seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas dapat memengaruhi bau badan. Gabungkan buah-buahan dan sayuran segar ke dalam makanan Anda yang dapat membantu mengontrol bau badan.

7. Hilangkan stres 

Latih teknik relaksasi dan lakukan aktivitas seperti yoga, meditasi, atau latihan pernapasan dalam mengurangi keringat akibat stres. 

8. Tetap aktif

Hal ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi. Tetapi olahraga teratur dapat membantu mengatur produksi keringat tubuh seiring waktu. 

9. Jaga kebersihan pakaian

Ganti pakaian Anda secara teratur, terutama setelah berolahraga. Cuci pakaiaj Anda secara menyeluruh untuk menghilangkan bakteri dan keringat yang tersisa. 

Dalam perang melawan bau badan, pengetahuan adalah senjata terbaik. Mulai dari masalah hormonal hingga pilihan gaya hidup, kuncinya adalah bukan tentang menutupi aromanya, melainkan memahami tubuh Anda dan mencari solusi yang tepat.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait