Canvas of Dream, Pameran untuk Masa Depan Seniman Muda

Supriyanto | 25 Agustus 2024 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - For The HeARTS Organization (FTHO) menggelar pameran seni bertajuk Canvas of Dream pada 24-25 Agustus 2024 di Chillax Sudirman, Jakarta. Digelar terbuka untuk umum, FTHO berharap Canvas of Dream bisa menjadi platform bagi seniman muda untuk berkreasi, berkolaborasi, dan bisa mendapatkan pengakuan untuk mimpinya.

Canvas of Dream menampilkan beragam karya seni dari 24 seniman muda usia 12-30 tahun yang mengeksplorasi berbagai gaya, medium, dan pengaruh budaya.

Canvas of Dream yang digagas remaja putri berusia 16 tahun, Audrey Kurniawan itu juga menghadirkan pasar seni (art market) dengan booth-booth kreatif, talkshow bersama para seniman kenamaan Indonesia, serta pelelangan seni (arts auction) untuk mendukung pengembangan komunitas seni.

Audrey Kurniawan founder for the heARTS organization (FTHO) membuka Canvas of Dream, 24-25 Agustus di Chillax Sudirman, Jakarta

Audrey Kurniawan selaku Founder FTHO mengungkap, ada banyak seniman yang inhin terlibat namun setelah nelewati seleksi, tersaring 24 seniman dengan 45 karya yang dipamerkan dalam Canvas of Dream. Proses kurasi dilakukan oleh tim internal dari FTHO.

"Ada beberapa kriteria [kurasi] yaitu batas umur 12-30 tahun. Lalu kriteria visual dan estetik, kami melihat ciri khas dari senimannya. Style mereka ada keliatan enggak, atau cuma copy paste aja. Kami juga lihat makna karyanya," ujar Audrey Kurniawan kepada wartawan di Chillax Sudirman Jakarta Selatan, Sabtu (24/8).

Selain menggelar pameran, Audrey Kurniawan menjelaskan FTHO melalui Canvas of Dream akan melelang lukisan dari 9 seniman muda, yaitu Cleo Audrea Sunaryo, Nadya Emily Surya, Askia Esa Aulia, Biyan Fadila Umar, Feodor Evie Pranata, Nadine Fave, Denny Nugraha, Anindya Khairinnisa dan Filbert Marciano Brentan.

Hasil penjualan lelang nantinya akan didonasikan ke Yayasan Kasih Mandiri Bersinar. Tak hanya memberikan donasi, FTHO juga akan mengedukasi anak-anak panti asuhan tentang dunia seni.

“Tidak hanya itu, pendapatan dari acara ini akan digunakan untuk mendukung program-program pengembangan seni bagi generasi muda Indonesia," jelas Audrey Kurniawan.

Audrey menyebutkan, FTHO berdiri untuk membantu seniman-seniman muda berbakat menyalurkan kreatifitas untuk memberikan energi positif kepada masyarakat.

“Kami berharap, ke depannya Canvas of Dreams bisa membuka peluang-peluang baru untuk komunitas seni. Anak-anak muda berbakat kini bisa semakin unjuk karya dan membangun masa depan seni Indonesia yang lebih baik dan bermakna, sembari memberi dampak positif yang berarti bagi sesama,” kata Audrey.

Market Art di Canvas of Dream, Chillax Sudirman, Jakarta

"Kami punya misi untuk membangun komunitas seni berbasis generasi muda Indonesia sekaligus memberikan apresiasi terhadap seni dalam negeri, serta membuka peluang bagi anak-anak muda untuk mengembangkan potensi kreatif mereka," tutup Audrey

Canvas of Dreams ialah proyek perdana dari for the heARTS organization (FTHO), organisasi yang menyediakan platform bagi seniman muda untuk menampilkan karya seni mereka, sekaligus menebar semangat kebaikan bagi sesama melalui berbagai kegiatan seni. Organisasi ini terbentuk pada 2024 dan didirikan oleh seniman muda, Audrey Kurniawan. 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait