Dukung Wisata Medis di Indonesia, Deby Vinski Siap Gelar Kongres Internasional Ke-2

Ari Kurniawan | 29 Agustus 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden World Council for Preventive, Regenerative and Anti-aging Medicine (WOCPM), Prof. Dr. Deby Vinski, MSc, PhD, menjelaskan persiapan pelaksanaan kongres Internasional WOCPM ke-2 yang akan digelar di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali pada tanggal 8-10 November 2024 mendatang.

Hal ini diungkapkan Deby Vinski saat menjelaskan laporan rutin kepada Penasehat WOCPM yang juga Wakil Presiden ke 10 & 12 RI, Drs. H. M. Jusuf Kalla. Ia menyampaikan perkembangan terbaru dalam bidang kedokteran preventif, regeneratif, dan anti-aging yang merupakan fokus utama WOCPM. Termasuk menyoroti berbagai inisiatif global yang sedang dijalankan oleh organisasi ini dalam upaya meningkatkan standar kesehatan preventif dan regeneratif di seluruh dunia. 

Adapun yang disampaikan bertujuan mendukung program pemerintah untuk kemajuan Medical Health Tourism di Indonesia, antara lain preventive & regenerative medicine untuk mencegah ledakan populasi lansia invalid pada 2035, kepesertaan yang hadir selama kongres dapat memperoleh pengetahuan dan mempelajari kemajuan ilmu kesehatan ini. 

Kedua, kongres ini sebelumnya diadakan di Paris dan kini dipindahkan ke Bali untuk mendukung Bali sebagai tuan rumah dan akan mempromosikan Indonesia sebagai destinasi wisata kesehatan, sejalan dengan program pemerintah untuk mengembangkan sektor health tourism Indonesia. Terakhir adalah kolaborasi edukasi medical health tourism dengan berbagai stakeholders agar misi ini tersosialisasi dengan efektif. 

Kongres ini melanjutkan International Health Conference (15t IHC) di Bali tahun lalu. Diperkirakan kongres ini akan dihadiri kurang lebih 1000 dokter Indonesia dan mancanegara, serta 37 pembicara internasional dari 26 negara, termasuk Indonesia yang akan membahas kemajuan di bidang preventive, regenerative medicine & stem cell. 

“Kongres internasional ini diharapkan menjadi platform bagi para ahli dari berbagai belahan dunia untuk bertukar pengetahuan, mempresentasikan penelitian terbaru, dan mendiskusikan tren serta inovasi dalam bidang kedokteran preventif dan anti-aging,” ujar Prof. Dr. Deby Vinski.

Deby Vinski menjelaskan bahwa persiapan kongres ini telah berjalan dengan baik, dan acara ini akan menghadirkan pembicara terkemuka serta peserta dari berbagai negara, termasuk ilmuwan, dokter, dan profesional kesehatan terkemuka. 

Selain itu, Jusuf Kalla turut menyambut baik bergabungnya Prof. Mahfud MD sebagai penasehat World Council of Stem Cell (WOCS).

Kehadiran Mahfud MD diharapkan akan memperkuat inisiatif WOCS dalam mendukung perkembangan health tourism di Indonesia terutama untuk mengembalikan devisa negara. Dengan keahliannya di bidang hukum dan kebijakan, Prof. Mahfud MD akan berperan penting dalam mengarahkan kebijakan yang memungkinkan Indonesia menjadi destinasi utama bagi wisata kesehatan, khususnya dalam terapi stem cell yang inovatif. 

Jusuf Kalla juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras WOCPM di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Deby Vinski dalam memajukan ilmu kedokteran yang berfokus pada pencegahan dan peningkatan kualitas hidup. Ia juga menekankan pentingnya kongres ini sebagai upaya untuk memperkuat kolaborasi internasional dalam bidang kedokteran preventif dan regeneratif, yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan masyarakat global.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait