5 Antibiotik Alami yang Bisa Anda Temukan di Dapur

Alam Mary | 30 Agustus 2024 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kita sering bergantung pada obat antibiotik setiap kali jatuh sakit. Pun ketika kita pergi ke fasilitas kesehatan, obat antibiotik hampir selalu disertakan bersama obat-obatan lainnya. Tanpa kita sadari, bahwa antibiotik sebetulnya bisa didapat dari bahan-bahan alami. Bahkan biasanya ada di dapur rumah kita sendiri! 

Para peneliti telah menemukan kandungan antibiotik yang bisa berfungsi sebagai agen antimikroba yang bisa melawan bakteri yang resistan terhadap obat pada beberapa jenis tanaman herbal. Berikut ini daftarnya seperti dilansir dari Live Mint.

1. Jahe 

Jahe sejak lama diketahui memiliki kandungan antibiotik alami yang juga berfungsi sebagai antioksidan, anti-peradangan, dan antikoagulan yang berfungsi mencegah pengumpulan darah. 

2. Bawang putih 

Kandungan yang ditemukan dalam bawang putih seperti allisin, ajoene, dan alil sulfida menunjukkan berbagai sifat antibakteri. 

3. Madu 

Madu sejak lama diketahui memiliki kemampuan sebagai penyembuh luka dan bersifat antimikroba. Kandungan yang juga dapat membantu memerangi bakteri yang resistan terhadap obat.

4. Cengkih 

Para peneliti telah merekomendasikan bubuk cengkih sebagai agen antibakteri yang menjanjikan di masa depan. 

5. Oregano

Oregano meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan manfaat antioksidan. Selain itu, minyak oregano mungkin memiliki sifat antibiotik.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait