Punya Pengaruh Negatif, 5 Tipe Orang Ini Wajib Anda Hindari

Binsar Hutapea | 31 Agustus 2024 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagai makhluk sosial, kita secara alami mengejar hubungan dengan orang lain. Namun, keinginan kuat untuk terhubung ini kadang-kadang membuat kita mengabaikan dampak yang ditimbulkan oleh orang-orang di sekitar kita. Individu yang kita habiskan waktu bersama bisa memengaruhi suasana hati, energi, dan produktivitas kita, seringkali lebih dari yang kita sadari. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan siapa orang yang kita dekati. 

Berdasarkan wawasan psikologis, berikut adalah lima jenis orang yang mungkin perlu Anda pertimbangkan terhubung, karena pengaruh mereka bisa jadi lebih negatif daripada yang kita kira!

Vampir Energi
Pernahkah Anda bertemu seseorang yang bisa menguras energi dan semangat Anda hanya dalam beberapa menit? Orang-orang ini sering kali sangat negatif, terus-menerus mengeluh, dan sering merasa frustrasi. Mereka mungkin juga sangat membutuhkan perhatian atau menuntut. Orang-orang seperti ini tidak layak untuk waktu dan energi Anda, dan sebaiknya Anda menjaga jarak. Kehadiran mereka bisa membuat Anda merasa emosional lelah, mirip dengan bagaimana vampir menghisap darah—mereka menyerap energi Anda.

Pencapai Berlebihan
Orang-orang ini mungkin pada awalnya tampak sangat memotivasi dan menginspirasi. Namun, seiring waktu, Anda mungkin menemukan bahwa pencapai berlebihan sering kali menetapkan harapan yang tidak realistis untuk diri mereka sendiri dan orang lain. Hal ini dapat menciptakan tekanan yang berlebihan dan kompetisi satu sisi dalam hubungan, yang bisa menjadi beban bagi mereka dan orang-orang di sekitar mereka.

Penggosip
Kita semua pernah bertemu orang-orang yang terus-menerus bergosip, ikut campur dalam urusan orang lain, dan gagal menghormati batasan pribadi. Individu ini menyebarkan gosip dan membagikan informasi pribadi tanpa mempertimbangkan konsekuensinya, sering kali mengarah pada ketidakpercayaan dan konflik. Perilaku mereka menciptakan lingkungan yang toksik dan dapat merusak rasa kepercayaan dan integritas Anda sendiri. Orang-orang seperti ini umumnya tidak dapat dipercaya dan dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mental dan emosional Anda.

Korban Abadi
Istilah "korban abadi" menggambarkan seseorang yang terus-menerus merasa diperlakukan tidak adil, tidak peduli apa pun situasinya. Mereka selalu merasa benar dan bisa melakukan apa pun tanpa menghadapi konsekuensi. Alih-alih mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka sendiri, mereka menyalahkan orang lain atas masalah mereka. Bukannya mencari solusi atau belajar dari pengalaman, mereka fokus pada bagaimana 'hidup selalu melawan mereka'. Sikap ini bisa sangat melelahkan dan membuat frustrasi bagi orang-orang di sekitar mereka.

Manipulator Emosional
Orang seperti ini bisa sangat berbahaya untuk didekati. Mereka menggunakan berbagai taktik, seperti rasa bersalah dan tekanan emosional, untuk mengendalikan dan mempengaruhi orang lain demi keuntungan mereka sendiri, sering kali mengabaikan kesejahteraan orang lain. Perilaku egois dan manipulatif mereka bisa membuat orang lain merasa terluka, memiliki harga diri dan kepercayaan diri yang rendah, serta kebingungan dan frustrasi yang besar.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait