Indonesia Now Ajak Desainer Lokal Indonesia Mejeng di New York Fashion Week 2025

Ari Kurniawan | 31 Agustus 2024 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejumlah desainer lokal Tanah Air berkesempatan untuk memamerkan karya terbaiknya di New York Fashion Week (NYFW) 2025. Bersama Indonesia Now yang merupakan platform bagi para pelaku industri fashion Indonesia yang ingin mempromosikan rumah modenya di industri fashion dunia, sejumlah desainer bersiap untuk menembus pasar internasional dengan tampil di NYFW The Shows yang merupakan wadah resmi New York Fashion Week.

Pada season ini, designer yang tergabung dengan Indonesia Now antara Aden by Pratiwi Anggraeni, Seyvia Charis yang berkolaborasi dengan Rianty Batik dan perhiasan oleh Semar Nusantara asal Jogja, dan Sroja yang berkolaborasi dengan brand tas exclusive Fimela milik Fitri Salhuteru, Amelia Natadipura dan juga Nandy Mareta. Selain itu, ada pula Hengki Kawilarang, Alleira Batik x UC Silver by Adith, dan BT Batik Trusmi by Sally Geovanny x Momen. 

Dalam jumpa pers yang berlangsung pada Jumat (30/8/2024), para fashion designer dan brand yang akan berangkat ke NYFW The Show Spring/Summer 2025 turut memperkenalkan koleksi-koleksinya. Hengki Kawilarang mempersembahkan koleksi terbarunya yang bertajuk “Kawung", yang tidak hanya menonjolkan keindahan motif batik yang kaya akan makna, tetapi juga dirancang khusus untuk pasar internasional dengan gaya yang elegan dan modern.

"Koleksi Kawung adalah bentuk penghormatan kami terhadap budaya batik Indonesia. Kami ingin membawa esensi pengabdian dari motif ini ke panggung internasional dengan sentuhan modern yang bisa diterima oleh wanita di seluruh dunia,” ujar Hengki Kawilarang.

Selain Hengki Kawilarang, kolaborasi Fimela dengan Sroja juga mencuri perhatian. Kolaborasi mereka menghadirkan 10 tampilan tas dan 10 tampilan pakaian yang dipadukan dan encerminkan keberagaman kultur di kota New York, Amerika saat ini dengan tema dengan tema “Kaleidoscope of Culture”. 

"Kami sangat antusias dengan kolaborasi yang kami lakukan untuk ditampilkan pada acara NYFW di 7 September 2024 mendatang. Konsep khusus ini mencerminkan komitmen kami untuk terus berinovasi dan menghadirkan desain yang unik dan berkualitas tinggi. kami berharap koleksi khusus ini dapat memberikan inspirasi dan meningkatkan apresiasi terhadap industri fashion di seluruh Indonesia," kata Fitri Salhuteru. 

Yang spesial, di season ini Indonesia Now juga mengadakan kompetisi kecantikan Indonesia Now Fashion Finest 2024 Road To New York Fashion Week Spring/Summer 2025 yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan juga organisasi masyarakat, Gemawira. Acara ini diadakan karena melihat banyak sekali make up artist, hair stylist dan manicurist Indonesia yang sangat berbakat dan  harus diperkenalkan. 

Selain itu, Indonesia Now juga mengadakan Models Camp untuk para model Indonesia yang ingin memiliki pengalaman berjalan di acara besar seperti ini. Total, ada tiga muse/model yang mengikuti program ini, yaitu Anastasia, model remaja keturunan Prancis, Melanie Berentz yang merupakan runner up 3 puteri indonesia tahun 2022, dan Marissya Icha yang lebih di kenal oleh publik sebagai influencer. ketiganya mengikuti pelatihan model yang akan dilatih oleh para pelatih ahli di bidangnya sebelum mereka jalan di peragaan busana.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Supriyanto
Berita Terkait