Supaya Awet, 6 Jenis Pakaian Ini Hanya Boleh Dicuci Pakai Air Dingin

Alam Mary | 1 September 2024 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang menggunakan air panas saat merendam dan mencuci pakaian. Alasannya agar pakaian lebih bersih dan steril dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Beberapa alasan lain di antaranya untuk melarutkan lemak dan kotoran yang membandel pada pakaian.

Akan tetapi, beberapa jenis pakaian memang sebaiknya tidak dicuci dengan air panas. Risikonya membuat pakaian cepat rusak. Mulai dari perubahan warna, tekstur kain, hingga ketahanannya. Kalau ini terjadi pada koleksi kesayangan, tentu rasanya akan menyakitkan.

Lantas jenis pakaian apa saja yang termasuk kategori terlarang, berikut daftarnya seperti dilansir dari The Spruce.

1. Berwarna gelap

Agar pakaian berwarna gelap tetap prima kedalaman warnanya, maka air panas harus sangat dihindari dalam proses pencucian. Mencuci dengan air dingin akan mempertahankan lebih lama warna sekaligus bentuk asli pakaian. 

2. Halus 

Pakaian halus seperti brokat, renda, dan sutera, hanya boleh dibersihkan menggunakan air dingin. Air panas berisiko membuat jenis pakaian halus kehilangan kehalusannya. 

3. Jeans 

Mungkin Anda hanya ingin memastikan jeans benar-benar bersih sehingga mencucinya menggunakan air panas. Tapi air panas akan membuat jeans menyusut dan kehilangan bentuk aslinya. Selain itu warna biru pada jeans dikhawatirkan luntur dan menodai pakaian lain yang dicuci bersamaan.

4. Berwarna terang

Sama halnya dengan pakaian berwarna gelap, pakaian berwarna terang pun sebaiknya tidak dicuci menggunakan air panas. Air dingin akan membantu mempertahankan warna pakaian tetap cantik seperti saat pertama membelinya.

5. Pakaian dengan kerutan 

Beberapa jenis pakaian memiliki tekstur kerut yang cantik. Mencucinya dengan air panas hanya akan merusak atau bahkan menghilangkan kerutan tersebut. Pakaian yang sedianya estetik menjadi kehilangan nilai artistik.

6. Noda berat 

Jangan langsung mencemplungkan pakaian dengan noda berat seperti noda kopi, saus, kuah masakan dan lain-lain ke rendaman air panas. Noda yang terkena air panas malah akan mencemari bagian lain dari pakaian yang semula tidak terkena noda. Atasi terlebih dulu bagian noda dengan produk pembersih noda yang dicampur air dingin. Air dingin bisa membantu mengangkat noda dengan lebih efektif dan minim penyebaran.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait