Punya Nilai Seni Tinggi, Jam Tangan Ridwan Kamil Dilelang untuk Kegiatan Sosial

Supriyanto | 2 September 2024 | 15:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil melukis di jam tangan, berkolaborasi dengan Padang Sudirjo, modifikator jam tangan artistik dari Modderfathers. 

Ridwan Kamil melukis langsung jam tangan diatas parts dial, dengan lima tema utama. Kemudian beberapa parts yang dilukis dirangkai oleh Padang Sudirjo menjadi tujuh jam tangan indah bernilai seni tinggi.

Ketujuh jam karya RK x Modderfathers dipamerkan dalam acara Syndicate di Ashta District 8, SCBD, Jakarta Selatan selama tiga hari, dari 30 Aguatus - 1 September 2024.

Syndicate digelar tiap tahun oleh Tanka Media. Pameran yang selalu ditunggu-tunggu oleh komunitas jam tangan itu selalu ramai dikunjungi kolektor jam kuno hingga jam tangan kekinian.

Di hari terakhir pameran, Minggu (1/9) siang digelar lelang jam tangan karya RK x Modderfathers. Atas permintaan Ridwan Kamil, salah satu jam tangan yang dilelang hasilnya disumbangkan untuk kegiatan sosial.

Jam tangan karya RK x Modderfathers

"Hari ini sudah dilangsungkan proses pelelangannya dan terjual, dimana di jam tangan tersebut ada packages atau fasilitas yang diterima oleh si pembeli," ungkap Padang Sudirjo atau Adang kepada wartawan usai lelang di Ashta, SCBD.

Adang memastikan jam tangan modifikasi racikannya asli dari karya lukis Ridwan Kamil. Diketahui, mantan Gubernur Jawa Barat itu di sela kesibukannya memiliki hobi melukis.

"Jam ini dapat sentuhan pak RK, yaitu lukisan. Dimana beliau memandang jam tangan adalah sebuah karya seni, beliau juga punya hobi melukis, jadi kami padupadankan jadi sebuah jam tangan," ungkap Padang Sudirjo.

Padang Sudirjo mengaku kaget saat pertama kali dihubungi oleh Ridwan Kamil untuk diajak kolaborasi. Pemilik Modderfathers itu pun menceritakan bagaimana awal mula bisa bekerjasama dengan Ridwan Kamil.

Padang Sudirjo dari Modderfathers menunjukan jam tangan lukisan Ridwan Kamil

"Antusiasmenya justru dari beliau. Beliau yang pertama menghubungi saya dan berdiskusi soal jam tangan. Beliau ingin bikin brand sendiri tapi saya offering ini dulu sebelum ke arah sana, ini pilot project,"beber Padang Sudirjo.

Modderfathers adalah seni memodifikasi jam tangan yang sudah lama ditekuni oleh Padang Sudirjo. Beberapa tokoh juga sudah mengakui keindahan serta kemewahan karya Modderfathers diantaranya Hibtan Rakabuming, Nirina Zubir hingga Irish Bella.

Tidak hanya memamerkan jam tangan bernilai seni tinggi sentuhan Ridwan Kamil, Modderfathers juga menampilkan jam tangan modifikasi Voltron, Black Gundam dan yang paling favorit adalah jam tangan versi Satria Baja Hitam atau Kamen Rider.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait