5 Cara Sederhana Meminta Maaf kepada Pasangan

Binsar Hutapea | 3 September 2024 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pertengkaran dalam hubungan adalah hal yang normal dan kadang-kadang bisa memperkuat ikatan Anda sebagai pasangan. Adu argumen bisa membantu menyelesaikan masalah dan mengatasi kebencian, memperkuat hubungan Anda. Setelah pertengkaran atau konflik besar, permintaan maaf yang tulus dapat membantu meredakan ketegangan dan meyakinkan pasangan bahwa konflik kecil tidak akan memengaruhi hubungan mereka.

Meminta maaf kepada pasangan tidak hanya sekadar mengucapkan 'maaf'. Jika disampaikan dengan cara yang salah, permintaan maaf malah bisa menambah masalah. Mengatakan hal-hal seperti, "Saya minta maaf ini terjadi, tapi kamu yang memprovokasi saya" atau "Saya minta maaf telah menyakitimu, tapi mungkin kamu terlalu sensitif" berarti Anda mencoba menyalahkan pasangan atas apa yang terjadi alih-alih merasa benar-benar menyesal. Permintaan maaf haruslah tulus, disusun dengan hati-hati, dan autentik.

Berikut adalah 5 cara sederhana untuk menyatakan permintaan maaf kepada pasangan Anda:

1. Minta Maaf Secara Langsung
 Usahakan selalu untuk meminta maaf secara langsung karena pesan teks atau telepon dalam situasi seperti ini bisa menyebabkan miskomunikasi. Kadang-kadang, Anda tidak perlu mengatakan apa-apa dan bahasa tubuh Anda bisa menyampaikan semuanya. Meminta maaf secara langsung membuka ruang untuk komunikasi dan mendorong pendengaran aktif serta klarifikasi.

2. Tulis Surat
Ada kalanya kehadiran Anda malah menambah ketegangan. Dalam situasi seperti itu, Anda bisa menulis surat permintaan maaf. Mengambil tanggung jawab atas tindakan Anda dan menjelaskan dalam kondisi apa hal itu terjadi dalam surat bisa menghindarkan Anda dari rasa malu berbicara tentang insiden tersebut secara langsung.

3. Perbaiki Kesalahan
Setelah Anda meminta maaf secara langsung atau menulis surat, langkah berikutnya adalah mencoba memperbaiki kesalahan. Ajak pasangan keluar untuk kencan, rencanakan sesuatu yang spesial, dan lakukan hal-hal favorit mereka untuk meyakinkan mereka bahwa Anda ada untuk mereka tidak peduli apa pun. Jadilah pendengar yang baik dan coba selesaikan keraguan mereka tentang pertengkaran tersebut. Pertimbangkan perasaan mereka dan minta maaf. Permintaan maaf yang sederhana tidak menyelesaikan semuanya.

4. Perbaiki Masalah Anda
Kecuali jika Anda menyelesaikan masalah-masalah Anda, kemungkinan besar Anda akan bertengkar tentang hal yang sama berulang kali. Ketika semuanya mereda dan Anda kembali menjadi pasangan yang saling mencintai, cobalah untuk mengatasi masalah yang menyebabkan pertengkaran di tempat pertama. Ini akan memastikan bahwa Anda bisa melanjutkan hubungan dengan kepercayaan yang lebih tinggi dan ikatan yang lebih kuat.

5. Beritahu Betapa Spesialnya Pasangan Anda
Setelah setiap pertengkaran, penting untuk menyampaikan kepada pasangan betapa spesial mereka dalam hidup Anda. Ini bukan hanya bagian dari permintaan maaf, tetapi juga merupakan mantra untuk menjaga semangat hubungan Anda tetap hidup.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait