Kenalkan Budaya Indonesia Lewat Lokakarya Pembuatan Batik

Ari Kurniawan | 4 September 2024 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menandai 75 tahun hubungan diplomatik, persahabatan, dan pertukaran budaya antara Indonesia dan Filipina, Philippine Women's Association-Indonesia (PWA) berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Republik Filipina menyelenggarakan lokakarya membatik khusus untuk warga Filipina yang tinggal di Indonesia.

Acara yang berlatar belakang sejarah yang kaya akan tradisi nan dinamis dari kedua negara ini berlangsung di Aula Serbaguna Kedutaan Besar Filipina.

Kelas membatik ini dirancang untuk memperdalam apresiasi dan pemahaman terhadap budaya Indonesia melalui seni membatik yang rumit.  Batik, teknik pewarnaan kain tradisional Indonesia, terkenal dengan pola-pola yang indah dan makna budayanya.

“Kelas ini menawarkan kesempatan unik bagi warga Filipina untuk membenamkan diri dalam kerajinan tangan yang terhormat ini, sambil merayakan ikatan yang kuat antara kedua negara,” ujar Rosalie Ticman, Ketua Panitia “Batik Making” di Jakarta, akhir pekan lalu.

Para peserta dipandu oleh para pengrajin terampil dari Indonesia yang mendemonstrasikan metode pembuatan batik tradisional, mulai dari teknik menolak lilin hingga penggunaan pewarna yang cerah.

Lokakarya ini memberikan pengalaman langsung dalam menciptakan desain batik yang dipersonalisasi, sehingga para peserta dapat membawa pulang karya mereka sendiri.

Adapun lokakarya ini terbuka untuk warga Filipina, baik dewasa maupun anak-anak, dengan bahan dan perlengkapan yang disediakan. Para peserta berkesempatan untuk berinteraksi dengan para ahli budaya Indonesia dan belajar lebih banyak tentang sejarah dan makna kontemporer batik.

Sejak menjalin hubungan resmi pada 24 November 1949, Indonesia dan Filipina telah mengembangkan hubungan yang berakar pada sejarah bersama, nilai-nilai yang sama, dan aspirasi bersama untuk stabilitas, kemakmuran, dan pembangunan regional.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait