Masih Bocil Sudah Puber? Hindari dengan Cara Ini Moms!

Alam Mary | 5 September 2024 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anak perempuan yang mengalami puber terlalu cepat atau early puberty mudah kita temukan sekarang ini. Belum berusia 10 tahun sudah mengalami menstruasi. Payudara yang mulai terbentuk sejak berusia 8 tahun.

Badan yang nampak berisi dan besar saat usianya bahkan belum menginjak 8 tahun. Dibarengi dengan pertumbuhan rambut-rambut di berbagai area seperti ketiak atau kemaluan yang terasa terlalu dini.

Tentu saja, kejadian semacam ini seharusnya bisa dicegah. Karena anak-anak jadi harus bertanggungjawab lebih cepat, padahal seharusnya masih bisa puas-puas bermain. Misalnya, jadi harus belajar mengurusi pembalut yang terkena darah dan efek-efek samping lain dari menstruasi, harus menjaga lebih ketat cara berpakaiannya, hingga keharusan menjaga dirinya dari pergaulan dengan lawan jenis, yang berusia sebaya sekalipun.

Bagi Anda para ibu baru, termasuk yang buah hatinya masih dalam kandungan, bisa melakukan beberapa cara yang dianggap mampu semaksimal mungkin mencegah early puberty. Berikut ini poin-poin terpenting yang bisa dilakukan seperti dilansir dari Home Beauty Hack.

1. Jauhi produk-produk kimia beracun saat hamil, menyusui, dan kalau bisa seterusnya atau selama-lamanya. Pilih produk yang alami atau yang terbuat dari bahan organik. 

2. Susui anak hingga batas usia maksimum, kurang lebih 2 tahun. Jangan berhenti di tengah jalan atau mengganti dengan sufor tanpa disertai alasan medis. 

3. Perbanyak keterhubungan anak dengan elemen alam, seperti berjalan tanpa alas kaki, berjemur di bawah sinar matahari, dan bermain di lapangan terbuka, sedini mungkin.

4. Lakukan aktivitas fisik apapun selama kurang lebih 2 jam sehari. Ini mungkin terasa berat bagi orang tua, tapi tidak bagi anak-anak. Pada dasarnya anak-anak suka untuk berenang, bersepeda, atau sekadar berlarian atau bermain bola di lapangan. Dan 2 jam cukup terasa singkat bagi mereka.

5. Kurangi atau batasi screen time dengan lebih ketat lagi.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait