10 Kiat Mencari Lowongan Kerja Secara Online

Ari Kurniawan | 7 September 2024 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mendapatkan pekerjaan merupakan kegiatan yang tidak mudah bagi banyak anak muda. Hal ini dipengaruhi oleh angka pengangguran yang tinggi di Indonesia yang disebabka pertumbuhan lapangan pekerjaan lebih sedikit dibandingkan dengan lulusan tenaga produktif.

Akibatnya, untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, maka kamu harus bersaing dengan ribuan pelamar lainnya. Sehingga mendapatkan pekerjaan setalah lulus sekolah merupakan kebanggan tersendiri bagi diri kita dan orag tua.

Seiring berkembangnya teknologi, mencari informasi loker terbaru kini tak lagi sesulit dulu. Pasalnya, terdapat banyak aplikasi atau platform yang menghubungkan perusahaan dengan calon tenaga kerja seperti di Glints yang banyak memberikan informasi lowongan pekerjaan pencari kerja. 

Melamar pekerjaan secara online menawarkan kemudahan dan efisiensi bagi para lebih gampang dengan menggunakan aplikasi Glints maka kamu lebih efisien dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Pasalnya kamu bisa membuat seluruh surat dan persyaratan lowongan kerja dalam bentuk file PDF dan cukup mengklik kirim, maka surat lamaran kamu telah sampai diperusahaan tersebut.

Persaingan loker di kota besar tentunya lebih sulit dibandingkan di daerah. Karena tidak bisa dipungkiri pendapatan atau gaji yang diterima di kota besar seperti Jakarta lebih tinggi dibandingkan daerah lain. Untuk itu kamu harus mengetahui bagaimana mencari pekerjaan secara online.

Trik Mencari Loker Terbaru Secara Online

Dilansir dari Glints, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan dalam mencari lowongan pekerjaan secara online. Berikut beberapa tips sukses mencari kerja online:

1. Gunakan situs pencarian kerja

Ada banyak situs pencarian kerja yang bisa kamu gunakan untuk mencari lowongan kerja. Beberapa situs populer di Indonesia antara lain Glints. Dengan situs-situs tersebut, kamu dapat menggunakan mesin pencari kerja untuk mencari posisi yang sesuai dengan keahlian dan minat.

Loker di kota besar seperti Jabodetabek menjadi salah satu pencaharian yang paling banyak dicari oleh para pekerja Indonesia. Untuk mendapatkan peluang lebih besar, maka kamu harus menganalisis hasil pencarian berdasarkan lokasi, jenis pekerjaan, dan kriteria lain dengan persaingan lebih sedikit.

Pastikan kamu memperbarui profil secara teratur dan mengunggah CV terbaru untuk mendapatkan peluang lebih baik mendapatkan pekerjaan.

2. Manfaatkan media sosial

Media sosial juga dapat menjadi sumber informasi berharga ketika mencari loker. LinkedIn, Twitter, Instagram, dan Facebook merupakan platform yang sering digunakan perusahaan untuk berbagi pekerjaan.

Kamu bisa ikuti akun industri yang kamu sukai, bergabunglah dengan grup industri penting, dan dapatkan nformasi tentang pencarian loker. Sekarang ini banyak media sosial yang digunakan untuk menyebarkan informasi tentang lowongan
pekerjaan.

Sehingga dengan rajin mengecek beberapa media sosial diatas maka kamu bisa menemukan dan berinteraksi langsung dengan pembuat loker. Karena biasanya media sosial memiliki sifat interaktif dibandingkan platform loker.

3. Jelajahi situs web perusahaan

Banyak perusahaan memiliki informasi lowongan pekerjaan pada website resmi perusahaan. Kamu bisa langsung mengunjungi website perusahaan yang minati dan mencari tahu apakah ada posisi yang sesuai dengan keahlian dan minat kamu.

Jika ada peluang menarik, bacalah persyaratan dan kualifikasi dengan cermat, serta siapkan CV dan surat lamaran yang sesuai. Dengan mengunjungi website resmi perusahaan maka kamu juga telah melakukan riset singkat terkait dengan perusahaan yang kamu lamar.

4. Manfaatkan platform loker

Untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan terbaru maka kamu bisa mengunjungi Glints atau beberapa situs loker lainnya. Disini kamu akan menemukan loker terbaru dengan mudah. Selain itu, kamu bisa mempersiapkan data diri pada platform tersebutu.

Kamu bisa membuat profil yang menarik dan mencantumkan keahlian, pengalaman, dan pencapaian. Tak hanya itu, beberapa website loker memungkinkan kamu agar bisa melamar pekerjaan secara langsung.

5. Kunjungi bursa kerja online

Banyak perusahaan yang menyelenggarakan bursa kerja atau job fair secara online. Ini adalah kesempatan bagus untuk bertemu langsung dengan perwakilan perusahaan dan mendapatkan informasi tentang posisi yang tersedia.

Kamu dapat mendaftar dan menghadiri program bursa kerja online ini melalui rumah. Pastikan kamu telah mempersiapkan CV dan mempersiapkan diri jika ada interview secara langsung ketika kamu melamar melalui bursa kerja online.

6. Berlangganan newsletter untuk loker terbaru

Banyak situs pencarian kerja menawarkan paket berlangganan newsletter yang mengirimkan lowongan pekerjaan terbaru langsung ke kotak masuk email kamu

Gunakan kesempatan ini untuk mengidentifikasi pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat secara teratur dan menanggapi postingan menarik apa pun. Untuk itu, kamu perlu sering mengecek dan membuka kotak masuk pada email

7. Lakukan pencarian Google

Google bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk mencari lowongan pekerjaan. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu cari, seperti "pekerjaan marketing di Jakarta". Google akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan.

Selain itu, Google juga memiliki fitur khusus bernama "Google for Jobs" yang menawarkan pekerjaan secara terstruktur.

8. Perluas jaringan sosial

Membangun dan memperluas jaringan sosial kamu bisa membantu kamu dalam mencari lowongan pekerjaan terbaru. Kamu harus menjalin hubungan dengan orang dan perusahaan yang kamu sukai dan berinteraksi dengan mereka melalui media sosial.

Media sosial dapat membantu kamu menemukan informasi tentang pekerjaan pekerjaan yang tidak tersedia untuk umum dan memberi kamu keunggulan dalam pencarian

9. Perbarui profil dan CV secara berkala

Salah satu hal penting yang harus digarisbawahi dalam mencari loker secara online, maka kamu harus memastikan bahwa profil dan CV kamu selalu update. Dengan memperbaharui data profil dan CV maka surat lamaran kamu juga menyampaikan informasi terbaru kepada perusahaan.

Dalam profil tersebut, maka kamu bsia menambahkan pengalaman, keterampilan, dan pencapaian baru yang penting untuk mengesankan pewawancara kamu. Perbarui juga detail kontak kamu agar perusahaan dapat dengan mudah menghubungi jika ada peluang kerja yang cocok.

10. Mempersiapkan wawancara online

Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan alat yang tepat untuk

Di era digital, proses seleksi kerja biasanya dilakukan melalui wawancara online.
menyelesaikan wawancara online. Persiapkan dengan meneliti informasi tentang perusahaan, posisi yang dilamar, dan pertanyaan yang mungkin diajukan pewawancara. Tingkatkan juga keterampilan berbicara dan ekspresi wajah kamu
melalui wawancara.

Manfaat mencari loker secara online

Mencari lowongan pekerjaan melalui Internet memiliki banyak keuntungan yang menjadikannya pilihan populer waktu. Kamu dapat mencari pekerjaan kapan saja, di mana saja, tanpa

Pertama, mencari pekerjaan secara online menawarkan fleksibilitas dalam hal
meninggalkan rumah.

Kedua, melalui Internet, kamu dapat mengakses berbagai situs pencarian kerja yang menawarkan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan dan pengalaman.
 
Ketiga, dengan menggunakan platform seperti Glints maka kamu bisa mencari loker terbaru dengan lebih mudah.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Supriyanto
Berita Terkait