Manfaat Minum Kopi, Turunkan Risiko Diabetes, Kanker Prostat Hingga Cegah Alzheimer

Supriyanto | 9 September 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Siapapun tahu, bahwa minuman yang paling populer di dunia adalah kopi. Tidak hanya nikmat, kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Beberapa penelitian mengungkapkan, minum kopi dalam takaran wajar bisa menurunkan risiko kematian dini, yaitu diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari minum 1-4 cangkir kopi setiap hari:

Meningkatkan energi

Kopi membuat tubuh lebih bernergi. Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang menyeduh kopi di pagi hari. Kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia.

Setelah minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah. Banyak penelitian terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, sampai tingkat energi.

Menurunkan berat badan

Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak. Ini adalah salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

Turunkan risiko diabetes tipe 2

Peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe dua. Menurut hasil temuan dari 28 studi yang melibatkan 1 juta lebih partisipan orang dewasa, mereka yang minum tiga atau lebih cangkir kopi sehari memiliki risiko relatif 21 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang meminumnya.

Bahkan, mereka yang minum enam cangkir atau lebih sehari, risiko terkena diabetes tipe 2 menurun sebesar 33 persen. Komponen aktif kopi membantu mengurangi stres oksidatif, serta ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan.

Kopi mengandung asam klorogenik, yang telah terbukti mampu meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitifitas insulin. Sementara, asam cafeik yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan kinerja otot menggunakan glukosa darah, serta memiliki rangasangan kekebalan dan anti-inflamasi.

Turunkan risiko terkena kanker prostat

Berdasarkan temuan dari 13 studi yang melibatkan lebih dari 530 ribu partisipan, mereka yang minum kopi memiliki risiko relatif 10 persen lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan mereka yang minum sedikit. Tidak hanya itu, ada penurunan risiko kanker prostat sebanyak 2,5 persen untuk setiap tambahan dua cangkir kopi yang mereka minum per hari.

Mencegah penyakit otak

Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Kondisi ini biasanya menyerang orang berusia di atas 65 tahun, dan tidak ada obat yang diketahui.

Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ini sejak awal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer hingga 65% lebih rendah.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait