Putus Cinta Menyakitkan, Ini 5 Cara Move On dari Mantan

Binsar Hutapea | 10 September 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak ada jalan pintas untuk move on setelah hubungan berakhir. Butuh waktu lama untuk sembuh dari perpisahan, karena kenangan indah bersamanya terus menghantui dan membuat Anda mempertimbangkan kemungkinan rekonsiliasi, bahkan ketika hubungan tersebut sebenarnya toksik atau sudah tidak memenuhi kebutuhan Anda. Rasa sakit akibat perpisahan sering kali membuat Anda penasaran tentang keberadaan mereka dan hidup terasa sangat tidak lengkap tanpa orang yang dulunya merupakan bagian penting dalam hidup.

Putus cinta memang menyakitkan, terutama jika pasangan yang lain telah move on sementara Anda masih merindukan mereka.

Apakah Anda berada dalam situasi seperti itu? 

Berikut adalah 5 cara untuk move on dari mantan:

1. Tetap Berhubungan dengan Teman

Tidak ada zona nyaman yang lebih baik daripada teman baik, terutama seseorang yang bisa menjadi pendengar yang baik. Jika perpisahan Anda membuat Anda menjadi emosional, jangan ragu untuk mendekati teman Anda dan menangis sepuasnya. Teman-teman Anda mungkin tidak memiliki semua jawaban, tetapi mereka tahu cara mendukung Anda. Mereka akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak, jadi jangan ragu untuk meminta bantuan. Berkomunikasilah dengan mereka secara teratur agar Anda tidak merasa sendirian.

2. Sibukkan Diri

Salah satu cara terbaik untuk menghadapi perpisahan adalah dengan menetapkan tujuan produktif untuk diri sendiri dan tetap fokus pada target Anda. Jangan beri diri Anda waktu untuk meratapi mantan. Fokuslah pada tujuan Anda saat ini dan capailah. Rasa pencapaian ini akan meningkatkan harga diri Anda dan membantu Anda dalam proses move on.

3. Beri Diri Anda Waktu dan Ruang

Setelah putus cinta, jangan terburu-buru masuk ke dalam hubungan baru hanya untuk mendapatkan perhatian atau kenyamanan. Beri diri Anda waktu dan ruang untuk sembuh. Biarkan luka emosional Anda sembuh sebelum mempertimbangkan hubungan baru. Gunakan waktu ini untuk bekerja pada penerimaan diri dan berkembang sebagai individu.

4. Penerimaan

Begitu Anda mulai menerima situasi, proses move on akan menjadi lebih mudah. Keluar dari ilusi Anda dan hadapi kenyataan bahwa mereka tidak lagi menjadi bagian dari hidup Anda. Penerimaan memang sulit, tetapi setelah Anda menghadapi kenyataan, akan lebih mudah untuk melepaskan dan melanjutkan hidup.

5. Jangan Kontak dengan Mantan

Tetap berhubungan dengan mantan hanya akan menyakiti Anda. Jika Anda masih menonton cerita Instagram mereka atau mengirim pesan kepada mereka, hal itu akan membuat proses move on menjadi lebih sulit. Jauhi mereka dan tahan dorongan untuk menghubungi mereka.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait