Orang Tua Jangan Diam! Internet Bisa Mengganggu Kesehatan Mental Anak

Supriyanto | 13 September 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan, dari hasil riset, pengguna internet Indonesia tahun 2024 mencapai 221.563.479 jiwa dengan tingkat penetrasi internet Indonesia menyentuh angka 79,5%.

Secara kelompok usia, jumlah Generasi Alfa yang menggunakan internet adalah 9,17% dari total pengguna keseluruhan.

Paparan teknologi dan internet pada Generasi Alfa dapat berdampak pada perkembangannya, seperti kurangnya waktu istirahat, menurunnya kualitas interaksi sosial, tumbuhnya rasa tidak percaya diri, berkurangnya aktivitas fisik, kurang memiliki sifat eksploratif dan bahkan memiliki potensi gangguan kesehatan mental di kemudian hari.

Khawatir bakal kebablasan, My Baby Momversity yang digelar di Bintaro Exchange pada akhir Agustus 2024 kemarin memberikan edukasi dengan kampanye #RaisingFutureReadyKids.

Samanta Elsener, Psikolog Anak dan Keluarga mengatakan orang tua harus mengambil langkah-langkah mengimbangi paparan internet pada anak, agar tidak menghambat proses tumbuh kembangnya.

"Pola asuh Gentle Parenting dapat membantu orang tua mengembangkan kecerdasan emosional anak yang sehat, menumbuhkan rasa percaya diri dan ketahanan. Salah satu tips agar sukses melakukan Gentle Parenting adalah dengan mendampingi anak bermain hingga tercipta hubungan yang erat antara orang tua dan anak melalui empati, mendengarkan secara aktif, komunikasi terbuka dan saling percaya," kata Samanta Elsener dalam siaran pers yang diterima wartawan belum lama ini.

"Melalui My Baby Momversity, sebuah wadah edukasi berbasis komunitas di mana para orang tua dapat saling terhubung dan memberi dukungan positif, My Baby ingin menyertai perjalanan mereka dalam membekali anak agar siap di masa depan," ucap Audrey Gandadjaja, Managing Director Brand Portfolio & Communication My Baby.

Menyadari pentingnya pembentukan karakter dan basic life skills yang kuat untuk Generasi Alfa, tahun ini My Baby mengajak para ibu di Indonesia berpartisipasi dalam My Baby Momversity bertemakan #RaisingFutureReadyKids dan diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para ibu dalam mendampingi tumbuh kembang si Kecil.

My Baby Momversity menghadirkan sejumlah kelas inspiratif yang seru dan penuh ilmu yaitu Gentle Parenting for Social Emotional Development bersama Samanta Elsener dan Nadine Chandrawinata, Sensory Play yang akan membantu anak melatih skill problem solving bersama Rumah Dandelion dan Kenkulus, serta Science Experiment untuk mengasah rasa ingin tahu dan menambah kemampuan anak untuk berpikir kreatif bersama Junior Lab dan Ardina Rasti.

"Menjadi seorang ibu di zaman serba digital memang penuh tantangan. Kampanye My Baby Momversity ini membantu para ibu untuk lebih siap menghadapi tantangan parenting yang seiring perkembangan zaman. Saya bangga menjadi bagian dari My Baby karena tidak hanya menyediakan produk 100% Indonesia yang berkualitas, tapi juga memberikan wadah bagi banyak ibu untuk saling berbagi informasi dan saling memberdayakan melalui My Baby Momversity," ungkap Nadine Chandrawinata, Brand Ambassador My Baby.

Tahun ini, untuk pertama kalinya My Baby Momversity menghadirkan Grand Prize liburan keluarga ke Legoland Malaysia kepada 5 pemenang utama.

My Baby juga telah memilih 20 ibu kreatif dan inspiratif untuk tergabung dalam My Baby Momunity 2024 sebagai perpanjangan tangan yang membawa semangat Momversity bagi para ibu di sekitarnya agar lebih percaya diri dalam #RaisingFutureReadyKids.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait