Bukan Cuma Lezat, Cokelat juga Bermanfaat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung hingga Stroke

Ari Kurniawan | 13 September 2024 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cokelat yang lebih tinggi berkaitan erat dengan penurunan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Cambridge mengungkapkan hal ini. Selain itu, tim dari University of Granada melaporkan bahwa cokelat dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh. 

Studi ini mengukur lemak tubuh melalui indeks massa tubuh, ukuran pinggul, dan persentase lemak tubuh dengan menggunakan analisis bioelektrik impedance. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi cokelat secara teratur berhubungan dengan kadar lemak tubuh yang lebih rendah, tanpa memperhitungkan faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, atau pola makan lainnya. 

Seperti yang dilaporkan Gizmag, peneliti menduga kandungan catechin dalam cokelat memainkan peran kunci dalam manfaat kesehatan ini, dengan meningkatkan produksi kortisol dan sensitivitas insulin. Magdalena Cuenca-Garcia, salah satu peneliti, menjelaskan bahwa cokelat memiliki efek antioksidan, antithrombotik, anti-inflamasi, dan anti-hipertensi yang dapat mencegah penyakit jantung iskemik. 

Meski demikian, penting untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi cokelat untuk menghindari dampak kesehatan negatif.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait