8 Alasan untuk Memakan Semangkuk Pepaya Setiap Hari

Supriyanto | 14 September 2024 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bingung dan merasa kekurangan anggaran untuk menyajikan buah-buahan setiap harinya untuk keluarga? Maka buah pepaya bisa menjadi pilihan terbaik. Selain harganya relatif murah untuk ukuran buah yang besar, pepaya memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan.

Beberapa di antaranya pasti sudah Anda ketahui. Namun beberapa lainnya bisa jadi mengejutkan!

Melansir Times of India, setidaknya ada 8 kebaikan yang tergolong istimewa dari buah pepaya. Mengetahuinya akan membuat Anda tidak ragu lagi mengonsumsi pepaya setiap hari.

Semangkuk penuh di pagi hari saat perut masih kosong menjadi pilihan waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat terbaik dari pepaya. Dan tidak perlu bahan tambahan lain, manisnya pepaya dapat dinikmati secara tunggal.

1. Melancarkan pencernaan 

Kandungan enzim papain membantu tubuh dalam mencerna protein dan proses pencernaan secara keseluruhan. Mereka yang gemar memakan pepaya akan jauh dari gangguan sembelit. 

2. Mendukung program penurunan berat badan

Pepaya termasuk buah tinggi serat namun rendah kalori. Sehingga buah berwarna oranye kemerahan ini akan cocok sebagai santapan pendukung diet. 

3. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Proses pencernaan yang lancar akan berdampak pada kesehatan saluran pencernaan itu sendiri, terutama usus. Usus jadi tidak terlalu capek atau kerja keras dalam mencerna berkat bantuan pepaya.

4. Tinggi kandungan antioksidan 

Antioksidan berfungsi sebagai pasukan penangkal kerusakan tubuh. Kandungan vitamin A, C, dan E yang tinggi menjadikan pepaya sebagai salah satu sumber antioksidan yang menjanjikan. 

5. Bagus untuk kesehatan kulit

Getah pepaya telah lama diketahui berkhasiat menyembuhkan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan pada bagian yang dikehendaki selama beberapa kali saja. Namun memakan daging buah pepayanya akan memberikan kesehatan kulit dari dalam dan lebih menyeluruh.

6. Baik untuk kesehatan jantung 

Kolesterol jahat menjadi sumber dari banyak penyakit, salah satunya menjadi ancaman terhadap kesehatan jantung dan hati. Kandungan antioksidan pada pepaya akan membantu mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga menurunkan risiko gangguan jantung dan hati.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Anda yang sering sakit atau sedikit-sedikit sakit hampir pasti membutuhkan pepaya. Memakan buah pepaya yang tinggi vitamin C saat perut masih kosong akan meningkatkan daya tahan tubuh, membantu melawan penyakit, sekaligus mendukung pemulihan lebih cepat.

8. Menjaga keseimbangan keasaman

Jika Anda termasuk yang sering bermasalah perutnya, seperti gangguan maag atau asam lambung, maka pepaya bisa jadi buah konsumsi pilihan. Pepaya termasuk alkalin yang dapat menurunkan kelebihan asam dalam perut. Mengonsumsinya saat perut kosong akan membantu menjaga keseimbangan pH tubuh Anda.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait