Cegah Fatherless, Ini 10 Isi Hati Anak Perempuan yang Perlu Diketahui Setiap Ayah

Alam Mary | 15 September 2024 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anak selalu memiliki konsep ideal akan sosok ayah. Anak perempuan bahkan lebih khusus lagi. Rata-rata anak perempuan menginginkan dukungan, perasaan dicintai, dan kelekatan dengan ayahnya.

Seperti diketahui, fenomena fatherless atau anak yang tidak mendapatkan atau merasakan kehadiran ayahnya semakin terasa. Dampak kerusakannya terhadap kehidupan anak saat remaja hingga dewasa sangat nyata. Mulai dari ketidakstabilan emosi, risiko tinggi pada penyalahgunaan, hingga kesulitan dalam membina hubungan dengan lawan jenis dan atau menjadi korban kekerasan. 

Tulisan ini diharapkan bisa menjembatani agar para ayah tidak lagi hanya sekadar ada, namun juga dirasakan kehadirannya oleh anak. Berikut ini uraiannya seperti dilansir dari Times of India.

1. Anak perempuan selalu berharap ayah memiliki kesabaran yang tak berbatas.

Anak-anak masih belum bisa melakukan segala sesuatunya dengan benar dan teratur. Ayah yang tidak sabaran biasanya akan jadi mudah marah-marah. Dan hal ini jelas sangat tidak diharapkan oleh seorang anak. Maka harapan anak perempuan adalah kesabaran yang tidak terbatas dari ayahnya.

2. Anak perempuan berharap ayah memiliki lebih banyak waktu luang untuk bermain bersama setiap hari.

Tidak perlu satu jam, bahkan hanya 10-15 menit saja bercengkerama, ikut memainkan apa yang sedang anak-anak mainkan, sudah cukup bagi mereka. Luangkan waktu yang lebih untuk benar-benar bermain bersama di hari libur atau saat ada perayaan khusus.

3. Anak perempuan berharap ayah tidak pergi bekerja atau begitu sibuk dengan pekerjaannya.

Tentu saja, bukan berarti ayah tidak perlu bekerja. Anak-anak bahkan sebetulnya paham jika bekerja itu penting untuk orang tuanya. Yang diperlukan anak hanyalah diyakinkan, bahwa sesibuk apapun, ayah akan selalu ada saat dibutuhkan.

4. Anak perempuan berharap ayah menjadi orang yang paling mengerti dan memahami.

Emosi anak perempuan cenderung lebih tidak stabil. Mereka masih butuh sekali validasi tentang banyak hal. Dan validasi yang datang dari satu orang ayah cukup untuk melenyapkan segala kegelisahan.

5. Anak perempuan selalu menantikan momen ayah yang melucu hingga semua tertawa terbahak-bahak.

Well, mungkin tidak semua ayah berbakat jadi pelawak. Tapi yakinlah, tidak terlalu lucu pun, anak-anak tetap akan memandang penuh takjub dan menertawakan ayahnya yang sudah berusaha maksimal untuk terlihat lucu. Ingat, yang penting usaha!

6. Anak perempuan ingin ayahnya selalu menjadi pendukung nomor 1.

Anak berharap ayah akan selalu memberikan dukungan, pada momen terbaik atau terburuk, tanpa syarat dan tanpa tapi. Anak yang merasa dicintai, niscaya akan memiliki kekuatan dan keberanian untuk menghadapi apa pun yang akan terjadi.

7. Anak perempuan selalu berharap ayah selalu ada untuknya.

Pada setiap acara spesial di sekolah, perlombaan, momen tampil di hadapan banyak orang, anak akan berharap ayahnya hadir menampakkan batang hidungnya. Jika tidak, maka yang muncul hanya rasa kecewa.

8. Anak perempuan berharap ayahnya memiliki kekuatan magis dan kreativitas tanpa batas.

Ayah yang membuatkan rumah pohon, baju robot dari kardus, mobil-mobilan dari drum bekas, dan lain-lain, akan selalu dikenang sebagai ayah yang hebat.

9. Anak perempuan berharap bisa mendapatkan pelajaran hidup dari ayahnya.

Pada dasarnya, anak perempuan suka ketika ayahnya banyak bercerita dan berbagi pengalaman. Tentang apapun. Dan nantinya akan dicerna dan diresapi sebagai pelajaran berharga dan bekal hidup mereka kelak.

10. Anak perempuan berharap bisa dipeluk lebih sering oleh ayahnya.

Mengapa keinginan dipeluk menempati posisi paling buncit dalam daftar ini? Tidak lain karena hanya pelukan yang memiliki kekuatan menyembuhkan luka, meredakan emosi, dan melahirkan maaf. Ketika ada kesalahan yang tidak sengaja telanjur terjadi, berikan anak perempuan Anda pelukan dan bersungguh-sungguhlah meminta maaf.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait