5 Cara Mudah dan Murah Memiliki Gigi yang Lebih Putih Bersih

Alam Mary | 16 September 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gigi yang berwarna kekuningan seringkali membuat frustasi. Hasrat tertawa lepas jadi harus ditahan-tahan. Karena rasanya malu jika sampai dilihat orang lain. Pokoknya bikin minder!

Melakukan perawatan secara estetika di dokter gigi memang bisa dilakukan. Namun treatment semacam ini tidak ditanggung BPJS, hehehe. Jadi jelas akan sangat menguras kantong para kaum mendang-mending.

Lantas usaha apa yang dapat dilakukan para pemilik bujet pas-pasan untuk memiliki gigi yang lebih putih bersih? Melansir dari Times of India, 5 cara sederhana ini bisa menjadi pilihan solusi.

1. Gosok gigi menggunakan pasta dari campuran baking soda dan lemon

Baking soda merupakan salah satu bahan pemutih alami. Jus lemon akan menambah sensasi rasa segar sekaligus membantu meluruhkan noda gigi yang lebih membandel. Oleskan pasta baking soda lemon pada bagian permukaan gigi, gosok dengan lembut selama beberapa saat, kemudian berkumur seperti biasa. Lakukan perawatan ini jika gigi benar-benar terasa kotor atau beri jangka waktu. Zat asam pada lemon tidak cocok untuk penggunaan yang terlalu sering atau setiap hari, karena dapat merusak lapisan enamel gigi. 

2. Berkumur dengan minyak kelapa murni atau VCO 

Membersihkan noda gigi dengan cara berkumur menggunakan minyak kelapa telah dikenal sejak zaman kuno. Satu hal yang patut diperhatikan demi keberhasilan teknik ini adalah lama berkumur, yakni 10 hingga 15 menit. Dan Anda harus memastikan satu sendok makan VCO yang masuk ke mulut bisa menjangkau seluruh bagian gigi dan sela-selanya sebelum dimuntahkan. Tutup dengan menggosok gigi seperti biasa.

3. Berkumur menggunakan air campuran cuka apel 

Zat asam pada cuka apel dipercaya dapat meruntuhkan plak dan noda pada gigi. Tuang satu sendok teh cuka apel ke dalam satu gelas air minum, aduk rata, lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Muntahkan, kemudian tutup dengan berkumur air biasa.

4. Gosok gigi menggunakan pasta dari campuran baking soda dan stroberi

Anda yang tidak terlalu kuat dengan asamnya lemon bisa menggantinya dengan stroberi. Lumatkan satu buah stroberi, campur dengan baking soda secukupnya atau setengah sendok teh hingga menjadi adonan pasta. Oleskan pada gigi secara merata, diamkan selama 5 menit. Bersihkan dengan cara berkumur atau gosok gigi seperti biasa. 

5. Lebih sering makan potongan buah atau sayuran segar nan renyah

Wortel, apel, seledri, dan lain-lain adalah sikat gigi alami yang berfungsi membersihkan gigi dari kotoran yang melekat, termasuk noda kekuningan. Makanan ini juga akan meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan gigi secara alami. Bonus dari kebiasaan ini, aroma mulut yang lebih menyegarkan!

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait