Bali Fashion Trend 2024, House of Inang Tampilkan Koleksi

Binsar Hutapea | 1 Oktober 2024 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - House of Inang Ecofashion menggelar pertunjukan busana di acara Bali Fashion Trend 2024 yang berlangsung di TS Suites Seminyak, Bali, pada 28 September 2024 lalu. Dengan tema "From Your Trash to Fashion Runway", House of Inang menampilkan delapan koleksi siap pakai yang mencakup outfit, tas, serta sepatu dan sandal. 

Koleksi ini dibuat dari anyaman limbah plastik rumah tangga, termasuk kemasan deterjen, pouch sabun, kemasan minuman energi, kemasan pasta gigi, dan lainnya, yang dikumpulkan dari masyarakat Bintaro, Tangerang Selatan melalui program “From Trash to Treasure” yang sudah berjalan sejak Februari 2024. Semua kemasan tersebut diproses oleh Nenek Penganyam House of Inang dengan cara digunting dan dianyam secara manual hingga menjadi lembaran yang bisa dijahit dan digunakan dalam busana. Untuk koleksi kali ini, House of Inang juga menggunakan bahan katun yang ramah lingkungan.

“Misi kami untuk melestarikan lingkungan melalui fashion telah berlangsung sejak 2020, dan kami telah membantu memperpanjang masa guna limbah plastik sebanyak 1 ton per tahun,” jelas Mey Hasibuan, pendiri House of Inang.

Selain itu, House of Inang juga memberdayakan para Nenek Penganyam agar dapat memperoleh penghasilan tambahan dan tetap produktif di usia lanjut dengan mengolah limbah plastik menjadi berbagai produk menarik seperti tas, aksesori, dan barang fashion lainnya.

Adapun House of Inang merupakan usaha retail yang fokus pada fashion ramah lingkungan dengan tujuan mengurangi sampah plastik, memberdayakan Nenek Penganyam, dan juga melestarikan kain tradisional Indonesia.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait