Anda Patut Curiga Pasangan Berselingkuh jika Menunjukkan 5 Perilaku Ini

Binsar Hutapea | 7 Oktober 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perselingkuhan merupakan pelanggaran kepercayaan yang dapat menyebabkan rasa sakit yang mendalam dalam suatu hubungan. Ada berbagai alasan mengapa seseorang melakukan perselingkuhan. Beberapa penyebab umum perselingkuhan adalah perasaan diabaikan dan tidak dihargai dalam hubungan. Rendahnya rasa percaya diri atau keinginan individu untuk mendapatkan pengakuan dapat mendorong orang untuk mencari ketertarikan dari luar hubungannya. Faktor situasional, seperti kesempatan untuk bersembunyi dan kurangnya komitmen, juga dapat menjadi alasan perselingkuhan.

Berikut adalah beberapa tanda yang bisa membantu Anda mengenali pasangan :

Pasangan bertingkah lebih manis dari biasanya
Ketika pasangan Anda menjadi terlalu manis dan perhatian, ini mungkin menjadi peringatan bagi Anda. Mereka mungkin berusaha menebus rasa bersalah melalui tindakan tersebut atau mengalihkan perhatian Anda dari situasi sebenarnya. Anda tidak boleh langsung membuat kesimpulan, tetapi perubahan perilaku yang drastis ini memerlukan perhatian lebih. Amati apakah sikap manis mereka konsisten atau terkesan dipaksakan dan tidak sesuai dengan karakter mereka.

Sangat berhati-hati dengan ponsel atau laptop
Jika pasangan Anda menjadi sangat tertutup tentang ponsel atau laptop mereka, lebih dari biasanya, Anda mungkin mencurigai mereka berselingkuh. Jika mereka mengubah kata sandi, selalu mengunci perangkat mereka, dan menjadi defensif saat Anda meminta mereka menggunakan perangkat tersebut, berarti mereka memiliki sesuatu yang disembunyikan. Anda dan pasangan perlu membahas peran masing-masing terkait privasi dan kepercayaan.

Menghabiskan waktu Bersama yang lebih sedikit
Anda akan menyadari penurunan jumlah waktu yang dihabiskan bersama. Jika pasangan Anda selalu sibuk, terus membatalkan rencana, atau tampak secara emosional menjauh, mungkin mereka menghabiskan waktu dan energi mereka di tempat lain. Sampaikan perubahan ini secara langsung dan beri tahu mereka bagaimana perasaan Anda. Ini mungkin membantu menjernihkan keadaan.

Inkonsistensi dalam kebohongan dan alasan
Peningkatan frekuensi inkonsistensi dalam cerita atau penjelasan pasangan Anda dapat menunjukkan tanda bahaya yang besar. Jika pasangan Anda sering mengubah keterangan tentang di mana mereka telah berada atau dengan siapa mereka, itu bisa jadi perilaku menipu. Salah satu cara untuk menentukan kebohongan semacam ini adalah dengan melacak inkonsistensi dan mendiskusikannya dengan pasangan. Ini akan membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Menghindar dari pertanyaan
Terkadang, ketika pasangan yang berselingkuh menghindari pertanyaan Anda atau terlalu samar dalam jawaban mereka, ini menunjukkan ketidaksetiaan. Sikap menghindar ini dilakukan untuk menghindari tertangkap basah dalam kebohongan. Bangun komunikasi yang jujur dan ungkapkan kekhawatiran Anda secara langsung untuk mengatasi perilaku semacam ini. Kepercayaan dan transparansi adalah obat terbaik untuk masalah semacam ini.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Supriyanto
Berita Terkait