TikTok dan Sejiwa Foundation Roadshow ke 6 Sekolah Jabodetabek, Edukasi Remaja soal Keamanan Digital

Indra Kurniawan | 18 Oktober 2024 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - TikTok bersama Sejiwa Foundation meluncurkan program school roadshow bertajuk Seru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTok. 

Program ini dijelaskan Anggini Setiawan, Communication Director TikTok Indonesia, pada acara peluncuran program Teen Safety Education School Roadshow "Seru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTok" di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (17/10) siang, bertujuan untuk mendukung kreativitas remaja sekaligus memastikan keamanan mereka di dunia digital.

Sebanyak enam sekolah di wilayah Jabodetabek bakal dikunjungi TikTok dan Sejiwa Foundation selama periode Oktober dan November 2024. Yakni SMAN 53 Jakarta, SMAN 73 Jakarta, SMA Regina Pacis Jakarta, SMA Labschool Cibubur, SMA Rimba Madya Bogor dan SMKN 3 Bogor.

Di setiap Sekolah, TikTok dan Sejiwa Foundation akan mengadakan sesi parallel untuk remaja dan orang tua. 

"Di TikTok, kami berkomitmen untuk menyediakan wadah yang aman dan nyaman bagi pengguna untuk berkreasi, termasuk untuk remaja. Dan hal tersebut kami tuangkan dalam bentuk kebijakan, ragam fitur dan alat keamanan bagi orang tua dan remaja, serta program edukasi yang menggandeng mitra eksternal," jelas Anggini Setiawan. 

"Program "Seru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTok" merupakan salah satu perwujudan komitmen kami untuk meningkatkan pemahaman tentang keamanan digital, serta memberdayakan para remaja serta orang tua dan wali untuk bersama-sama menciptakan perjalanan digital yang aman dan nyaman bagi remaja," tambahnya. 

Perwakilan dari 6 sekolah Jabodetabek turut hadir pada acara peluncuran program kolaborasi TikTok dan Sejiwa Foundation di Habitate Jakarta, Kamis (17/10) siang. (Indra Kurniawan/tabloidbintang.com)

Hal senada disampaikan Diena Haryana, Founder Sejiwa Foundation. Sebagai mitra TikTok dalam program ini, Diena berharap kolaborasi Sejiwa dan TikTok dapat terus mendorong keterlibatan orang tua dan membantu para remaja berkreasi dengan bijak dan merasa aman. 

"Upaya proaktif seperti program roadshow sekolah yang pertama kali TikTok dan Sejiwa Foundation lakukan ini diharapkan bisa menjadi pionir untuk terus mendorong keterlibatan orang tua untuk membantu para remaja berkreasi dengan bijak dan merasa aman," jelas Diena.

Program ini didasarkan pada fakta bahwa kelompok remaja adalah pengguna internet terbesar kedua di Indonesia dan mayoritas menggunakan media sosial. Dengan semakin aktif di dunia digital, mereka juga rentan terhadap kejahatan dan risiko keamanan digital.

Hasil riset dari Sejiwa Foundation dan Western Sydney University terhadap remaja usia 13-18 tahun di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, menyatakan para remaja ingin mendapatkan bimbingan agar mereka bisa merasa aman di ruang digital.

"Kami akan memberikan panduan tentang pentingnya peran orang tua dalam mendampingi perjalanan digital kreatif anak remajanya, cara memanfaatkan fitur pelibatan keluarga, serra mendengarkan tips dari kreator parenting dan kreator yang juga musisi dan penulis," jelas Anggini Setiawan.

Program school roadshow ini bagian dari kampanye #SalingJaga yang diluncurkan sejak September 2023 untuk mengingatkan semua orang untuk saling menjaga dari konten negatif, misinformasi dan disinformasi, ataupun konten yang tidak nyaman.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait