7 Kalimat yang Pantang Anda Ucapkan kepada Pasangan

Binsar Hutapea | 18 Oktober 2024 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hubungan pernikahan yang sehat bergantung pada kepercayaan dan transparansi. Apa pun yang diucapkan oleh pasangan dapat membangkitkan semangat atau menyakiti satu sama lain. Penting untuk mengetahui perbedaan antara bercanda yang sehat dan komentar yang kasar. Dengan menghindari beberapa frasa yang merugikan dan memilih kritik yang konstruktif, kita dapat memperkuat ikatan yang baik. 

Mari kita lihat tujuh hal yang sebaiknya Anda hindari untuk diucapkan kepada pasangan Anda:

1. "Saya tidak peduli"  
Mengatakan "Saya tidak peduli" dapat terdengar meremehkan dan mungkin terlihat seperti kurang menghormati pilihan pasangan Anda. Meskipun Anda tidak setuju dengan perasaan pasangan, penting untuk mengakui perasaan tersebut. Respons yang lebih baik mungkin adalah, “Saya melihat ini penting bagimu, dan saya ingin memahami perspektifmu.”

2. "Ini salahmu, selalu salahmu"  
Penting untuk diketahui bahwa menyalahkan kesalahan dapat menyebabkan situasi di mana orang lain merasa tidak ingin melakukan apa pun. Menyalahkan tidak selalu membantu. Menumpuk kesalahan dan menganggap pasangan kurang berarti akan menciptakan hambatan yang tidak perlu dalam hubungan yang sehat.

3. "Kan saya sudah bilang"  
“Kita akan menyelesaikan situasi ini bersama” atau “Lain kali, mari kita diskusikan dengan baik sebelum mengambil keputusan terburu-buru” adalah alternatif yang bisa Anda ucapkan. Membuktikan bahwa Anda benar bukanlah kemenangan besar; justru tumbuh bersama yang penting.

4. "Kamu bodoh sekali"  
Kata-kata keras pada waktu yang salah bisa dianggap sebagai kebencian. Penting untuk menganalisis situasi dan memperhatikan nada bicara agar hubungan yang sehat tidak hancur.

5. "Cerai"  
Perceraian—kata yang bisa mengubah seluruh arah hubungan Anda dalam sekejap, diikuti oleh serangkaian pemikiran berlebihan. Kehilangan harapan dalam hubungan bukanlah suatu kewajiban, tetapi pilihan. Menggunakan kata perceraian berulang kali akan menimbulkan rasa tidak aman dan pikiran yang menghantui.

6. "Mantanku tak seperti kamu"   
Membandingkan pasangan dengan mantan adalah undangan terbuka untuk kehancuran. Kebutuhan akan perlakuan, penghormatan, atau materi dapat diungkapkan secara verbal dengan cara yang berbeda dan konstruktif. Membandingkan dapat menyebabkan rasa tidak aman karena merasa tidak memenuhi harapan dan menghambat pertumbuhan hubungan.

7. "Saya tidak pernah mencintaimu"  
“Kita harus saling mencintai” adalah sesuatu yang harus Anda ucapkan berulang kali, memberikan jaminan dan ketenangan. Kebalikan dari jaminan, “Saya tidak pernah mencintaimu” akan membuat pasangan mempertanyakan setiap kemungkinan dan arah hubungan mereka. Penting untuk menangani masalah dengan tenang.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait