Guardian Kembali Gelar Program Guardiancares, Tingkatkan Akses Sanitasi dan Kebersihan di Yogyakarta

Binsar Hutapea | 26 Oktober 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan bahwa sebanyak 293 ribu sekolah di Indonesia masih menghadapi masalah dalam akses terhadap air bersih, sanitasi yang memadai, dan kebersihan dasar. Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat bahwa 28,81 persen anak-anak di Indonesia mengalami masalah kesehatan setiap bulan akibat kurangnya akses air bersih. Sebagai respons, pemerintah berkomitmen untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang mencakup peningkatan akses air bersih dan pendidikan mengenai pentingnya kebersihan dasar di sekolah. 

Guardian, sebagai salah satu ritel modern terkemuka di bidang kesehatan dan kecantikan, melalui program berkelanjutannya, Guardiancares, berfokus pada peningkatan kesehatan dan kebersihan anak-anak. 

Sejak diluncurkan pada 2022, program Guardiancares telah memberikan kontribusi positif melalui berbagai inisiatif, seperti menyediakan fasilitas sanitasi dan air bersih, mendonasikan lebih dari 24.000 produk sabun mandi Guardian kepada anak-anak dan keluarga di rusun serta sekolah, dan mengadakan edukasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pada tahun ini, Guardian berkolaborasi dengan organisasi kemanusiaan, Human Initiative, untuk mendistribusikan 24.000 produk Body Wash Guardian kepada anak-anak di sekolah-sekolah di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Yogyakarta, serta melakukan perbaikan dan pembangunan fasilitas air bersih untuk mendukung kebersihan di lingkungan sekolah.

Program Guardiancares 2024 resmi diluncurkan pada bulan September di Kabupaten Bogor dan telah mencapai target yang optimal. Kegiatan ini berlangsung dari September hingga Oktober 2024, ditutup dengan seremoni yang dihadiri oleh Malvin Tarigan, Head of Marketing Guardian Indonesia, drg. Pembajun Setyaningastutie, M.Kes., Kepala Dinas Kesehatan D.I. Yogyakarta, serta Muthori, Kepala Cabang Human Initiative Yogyakarta, di SD Negeri Boto Yogyakarta pada tanggal 25 Oktober 2024.

Sejak diluncurkan pada 2022, program Guardiancares telah memberikan kontribusi positif melalui berbagai inisiatif, seperti menyediakan fasilitas sanitasi dan air bersih.

Malvin Tarigan menegaskan pentingnya akses sanitasi di sekolah sebagai dasar pendidikan yang berkualitas. "Guardian berkomitmen untuk memastikan anak-anak Indonesia mendapatkan akses kesehatan yang baik di lingkungan sekolah melalui program Guardiancares. Inisiatif ini bertujuan meningkatkan kebersihan dan kesehatan anak-anak, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mencapai target kesehatan dan indikator SDGs terkait air, sanitasi, dan kebersihan (WASH)," ujarnya.

Dukungan dari Human Initiative dan Dinas Kesehatan setempat dalam edukasi serta penerapan PHBS juga menjadi bagian penting dari program ini, menjangkau lebih dari 40 sekolah di Pulau Jawa. Dengan melibatkan relawan dari karyawan Guardian, program ini bertujuan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta Drg. Pembajun Setyaningastutie menyatakan, “Kami mendukung inisiatif yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, memastikan setiap anak di Indonesia mendapatkan akses yang baik terhadap fasilitas kesehatan dan pendidikan. Sinergi lintas sektor sangat penting dalam mempercepat pemenuhan kesehatan dan kebersihan anak, terutama sejak usia dini. Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menghargai komitmen Guardian melalui program Guardiancares, yang mendukung implementasi PHBS untuk Indonesia Emas 2045.”

Muthori, Kepala Cabang Human Initiative, menambahkan, “Kerja sama antara Guardian dan Human Initiative dalam mendistribusikan 24.000 produk Body Wash Guardian serta memperbaiki fasilitas air bersih di sekolah-sekolah mencerminkan komitmen bersama untuk meningkatkan kesehatan di kalangan generasi muda. Kami yakin, bersama-sama kita dapat mewujudkan masa depan yang lebih sehat bagi semua.”

Program Guardiancares mencakup berbagai kegiatan, termasuk edukasi PHBS yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, aktivitas interaktif dengan siswa, serta sesi pendampingan di sekolah. Seremoni di Yogyakarta menandai berakhirnya rangkaian kegiatan yang berlangsung di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Guardian berharap program ini menjadi langkah konkret untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya untuk anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Guardiancares dan kegiatan kolaborasi Guardian lainnya, kunjungi situs resmi kami di https://guardianindonesia.co.id/ atau Instagram @guardian_id.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait