Animasi Inside Out 2, Film Terlaris 2024 di Amerika

Supriyanto | 24 Juni 2024 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Film animasi keluaran Pixar, Inside Out 2 menjadi film terlaris 2024 di Amerika Serikat dan berhasil meraih $500 juta di box office seluruh dunia, masih berpotensi melewati rekor dengan waktu penayangan yang masih panjang.

Inside Out 2 secara resmi tayang di El Capitan Theatre di Los Angeles pada 10 Juni 2024, dan dirilis di bioskop Amerika Serikat dan Indonesia pada 14 Juni 2024, dengan pemutaran dalam RealD 3D, IMAX, dan Dolby Cinema.

Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus. Hal ini juga dibuktikan dengan jumlah penonton internasional selama dua pekan penayangan dan berhasil menduduki dominasi Box Office International

Dengan biaya produksi mencapai $200 juta, memang dibutuhkan pendapatan box office yang luar biasa untuk bisa menghasilkan keuntungan. Sekuel dari film Inside Out di tahun 2015 ini benar-benar menggebrak di akhir pekan penayangan perdananya dengan pemasukan hingga $155 juta.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, film ini telah menghasilkan $285,6 juta di AS, dan siap untuk menghasilkan lebih banyak lagi seiring penayangannya yang terus berlanjut.

Catatan raihan Inside Out 2 melewati Dune: Part Two, yang menghasilkan $282,1 juta sebelum penayangannya berakhir, sedangkan animasi Pixar ini hanya membutuhkan waktu delapan hari untuk melewati sekuel epik fiksi ilmiah Denis Villeneuve.

Dua rilisan Pixar terakhir, Elemental dan Lightyear, memiliki penjualan tiket yang biasa-biasa saja. Tiga film Pixar sebelumnya bahkan malah langsung ditayangkan secara streaming selama pandemi COVID-19.

2024 merupakan tahun yang sangat berat di box office. Akhir pekan Memorial Day mencatat total terendah dalam beberapa dekade, yang disebabkan oleh gejolak ekonomi, persaingan box office yang terbatas, dan beberapa kegagalan box office yang tidak terduga.

Inside Out 2 telah menjadi kekuatan untuk menghidupkan kembali box office musim panas, dan terus mendominasi hingga akhir pekan kedua.

Juga membawa angin segar jika dibandingkan dengan seluruh penayangan domestik Kingdom of the Planet of the Apes ($160,8 juta), Kung Fu Panda 4 ($193,6 juta), dan Godzilla x Kong: The New Empire ($196,4 juta), hingga Dune: Part Two ($282,1 juta).

Animasi Inside Out 2 Film Terlaris 2024 di Amerika

Dilansir IMDb, Inside Out 2 disutradarai oleh Kelsey Mann. Adapun pengisi suara dalam film animasi berdurasi 1 jam 36 menit ini di antaranya adalah Amy Poehler, Maya Hawke, Liza Lapira, Tony Hale, dan Lewis Black.

Kisahnya masih berpusat di keluarga kecil Riley yang kini telah tumbuh menjadi remaja. Jika pada serial sebelumnya hanya terdapat perasaan senang (Joy), sedih (Sadness), marah (Anger), takut (Fear), dan jijik (Disgust), kali ini, akan ada emosi-emosi baru.

Kehadiran emosi-emosi baru ini tentunya adalah imbas pertumbuhan Riley menjadi remaja. Tidak hanya satu, melainkan banyak emosi baru yang datang secara serentak. Di antaranya adalah cemas (Anxiety) dan nostalgia (Nostalgic).

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait