5 Cara Efektif Mengurangi Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

Binsar Hutapea | 9 Agustus 2024 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kolesterol tinggi bisa memunculkan komplikasi kesehatan yang berakibat fatal, seperti penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, stroke, dan juga diabetes. Ada juga ahli juga mengaitkan kolesterol tinggi dengan disfungsi ereksi.

Sebab itu sangat dianjurkan untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh segera setelah seseorang diketahui memiliki kadar kolesterol tinggi. Berikut adalah cara efektif mencegah dan mengelola kolesterol tinggi:

1. Modifikasi Pola Makan

Membatasi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans, seperti makanan gorengan, daging berlemak, dan camilan olahan, sangat penting untuk mengelola kolesterol tinggi. Selain itu, mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, biji-bijian utuh, legum, dan makanan tinggi serat lainnya bisa sangat bermanfaat. Sertakan juga makanan yang kaya asam lemak omega-3 dan omega-6, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan laut. Selain itu, pilih protein tanpa lemak dari makanan seperti ikan, ayam, kacang-kacangan, dan lentil untuk menjaga diet Anda tetap sehat untuk jantung dan seimbang.

2. Aktivitas Fisik Reguler

Aktivitas fisik yang teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Berjalan cepat setidaknya 3 kilometer sehari dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara signifikan. Selain itu, lakukan olahraga dengan intensitas sedang, seperti bersepeda atau jogging, setidaknya 30 menit pada sebagian besar hari dalam seminggu untuk meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. Tetap aktif sepanjang hari dengan menggunakan tangga daripada lift, berjalan saat istirahat, dan menghindari periode duduk yang lama dapat membantu menciptakan gaya hidup yang lebih sehat.

3. Manajemen Stres

Manajemen stres yang efektif penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Berlatih meditasi dan latihan pernapasan dapat secara signifikan mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Selain itu, terlibat dalam aktivitas relaksasi seperti yoga, membaca, atau mengejar hobi merupakan cara yang sangat baik untuk bersantai dan merejuvenasi, membantu menyeimbangkan tuntutan kehidupan sehari-hari.

4. Obat-obatan

Jika perubahan gaya hidup tidak cukup, obat-obatan seperti statin mungkin diresepkan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan saran medis yang tepat.

5. Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Pantau kadar kolesterol Anda melalui tes darah rutin dan jaga komunikasi terbuka dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengelola kolesterol dengan efektif.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait