Alain Delon, Aktor Prancis yang Sering Disebut Pria Paling Tampan, Meninggal di Usia 88

Suyanto Soemohardjo | 20 Agustus 2024 | 09:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Alain Delon, aktor legendaris Prancis yang sangat terkenal di era 60-70-an, meninggal dunia di usia 88 tahun. Alain Delon meninggal hari Minggu, 18 Agustus lalu, di rumahnya di Douchy-Montcorbon, Prancis. Tak lama setelah kabar kematiannya menyebar, penggemar berdatangan ke rumahnya untuk memberikan penghormatan. Keluarga tidak memberikan informasi penyebab kematiannya, namun salah satu putranya mengungkapkan kesehatan Alain Delon menurun sejak mengalami stroke pada 2019 lalu. Alain Delon juga didiagnosis mengidap salah satu bentuk limfoma, dan mulai menjalani pengobatan pada 2022.

Karier Alain Delon yang sering disebut sebagai aktor yang terlalu tampan di masanya, mencakup lebih dari 80 film. Dimulai dengan peran ikonik sebagai penipu Tom Ripley di Purple Noon (1960). Selain film-film yang dibintangi, kehidupan Alain Delon juga sering menjadi berita utama karena hubungan romantis dan skandalnya dengan wanita-wanita cantik dari berbagai dunia.

Alain Delon lahir di Sceaux, Prancis, 1935. Ketika berusia 4 tahun, orang tuanya bercerai dan mengirimnya tinggal bersama keluarga angkat. Ketika orang tua angkatnya meninggal, keluarga menyekolahkannya ke sekolah asrama. Ia mendaftar militer pada usia 17 tahun, dan sempat bertugas selama perang dan kemudian kembali ke Prancis pada 1956.

Karier sebagai aktor dimulai ketika pergi ke Festival Film Cannes pada 1957. Di sana dia ditemukan pencari bakat dari Hollywood, yang lalu memintanya belajar bahasa Inggris sebelum datang ke Amerika. Namun Alaian Delon keburu bertemu sutradara Prancis Yves Allégret, dan memutuskan tetap tinggal di Prancis dan memulai debut sebagai aktor.

Description_line

"Saya tidak tahu harus berbuat apa," kata Alain Delon mengenang hari pertama bekerja sebaga aktor di lokasi syuting. "(Sutradara) Allégret menatapku, begitu saja, dan mengatakan kepadaku. 'Dengarkan aku, Alain. Bicaralah saat kamu berbicara kepadaku. Tataplah saat kamu menatapku. Dengarkan seolah kamu mendengarkanku. Jangan bertindak. Hidup.' Itu mengubah segalanya," kenangnya. "Jika Yves Allégret tidak mengatakan hal itu kepada saya, saya tidak akan pernah menjalani karier ini," lanjutnya, seperti dikutip dari People.com.

Kemunculan Alain Delon dengan wajah tampannya, segera saja mencuri perhatian publik. Pada 1960 dia membintangi Purple Noon dan Rocco and His Brothers. Dua film ini sukses besar dan mendapat pengakuan internasional. Film karya sutradara Rocco Luchino Visconti, The Leopard (1963) yang mengukuhkannya sebagai salah satu bintang Prancis terbesar. Dia lalu main bersama aktris Hollywood, Jane Fonda di Les Félins (1964) sekaligus mengawali kiprah dalam film produksi Hollywood. Dia muncul di The Yellow Rolls-Royce (1965) bersama Shirley MacLaine dan Once a Thief (1965) bersama Ann-Margret, dan sempat terlibat hubungan asmara. Film-film lainnya termasuk Le Samouraï (1967), Farewell Friend, La Piscine, Le Cercle Rouge, Tony Arzenta, Zorro, Monsieur Klein, dan Our Story, dll.

Alain Delon menerima banyak penghargaan sepanjang karirnya. Pada 1985 memenangkan Penghargaan César untuk Aktor Terbaik atas penampilannya dalam Notre histoire (1984). Pada 1991 menjadi anggota Legiun Kehormatan Prancis. Pada Festival Film Internasional Berlin ke-45 memenangkan Beruang Emas Kehormatan. Dia menerima Palme d'Or Kehormatan di Festival Film Cannes 2019. RIP, Pria Tampan.

Penulis : Suyanto Soemohardjo
Editor: Suyanto Soemohardjo
Berita Terkait